Eksperimen Shin Tae-yong, Datangkan Dua Wajah Baru di Timnas U-19

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:35 WIB
loading...
A A A
Meski menunjukkan tren positif, bukan berarti Tae-yong puas. Secara mental memang dinilai sudah berkembang, tapi dia menyoroti kecerdasan pemainnya dalam menganalisis pertandingan.

Menurutnya, pemainnya masih memiliki kelemahan dalam membaca permainan. Akibatnya, mereka kesulitan membuka ruang di area pertahanan lawan. Seperti dalam laga kedua kontra Makedonia Utara. Akibatnya, sektor penyerangan tidak mampu mencetak gol. (Baca juga: Liburan Aman dan Nyaman di Masa Pandemi)

Masalah lain yang selalu menjadi sorotan Tae-yong adalah fisik pemainnya yang dinilai belum maksimal. Menurut dia, power Garuda Muda masih harus digenjot untuk bisa bermain sepanjang 90 menit pertandingan.

Deret kelemahan tersebut diduga menjadi alasan Tae-yong masih mencari pemain untuk membentuk tim yang bisa kompetitif di laga internasional. Terutama Piala Dunia U-20 yang menjadi beban paling berat bagi pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Mungkin saja kami akan kembali memanggil pemain lain (keturunan Indonesia) saat pemusatan latihan (TC) selanjutnya sambil menunggu perkembangan. Dua pemain ini (Kelana dan Luah) ke Kroasia karena jarak dari negara mereka (Jerman) tidak terlalu jauh,” ujarnya.

Beban berat diemban Tae-yong di Piala Dunia U-20. Hal tersebut ditegaskan Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan. Dia menyatakan turnamen sepak bola terakbar di dunia tersebut harus dimanfaatkan Garuda Muda untuk unjuk kualitas.

Tidak tanggung-tanggung, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menargetkan timnas U-19 bisa melewati babak penyisihan grup dan lolos ke babak 8 besar. Menurutnya, rangkaian pemusatan latihan jangka panjang di luar negeri menjadi bagian dari persiapan untuk merealisasikan target tersebut. (Lihat videonya: Dua Polisi yang Kawal Jogging Kena Sanksi Administratif)

“Kita targetkan paling tidak lolos fase grup dan kalau bisa masuk 8 besar. Itu yang kita inginkan di Piala Dunia nanti. Sekarang, masih dalam proses persiapan di Kroasia,” tandasnya.

Iwan Bule mengatakan, perkembangan timnas Indonesia sudah menunjukkan progres signifikan selama menjalani TC di Kroasia. Hal ini, menurut dia, bisa disaksikan secara langsung di televisi ketika Garuda Muda menggelar laga uji coba dengan tim-tim asal Eropa. (Abriandi)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)