Keuntungan Piala Eropa 2012 kalahkan Piala Dunia

Jum'at, 08 Juni 2012 - 17:44 WIB
Keuntungan Piala Eropa 2012 kalahkan Piala Dunia
Keuntungan Piala Eropa 2012 kalahkan Piala Dunia
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) mulai menyebutkan bahwa mereka akan meraih penghasilan setidaknya USD1,6 miliar dari gelaran elit Piala Eropa 2012. Angka tersebut akan menyaingi hasil dari turnamen terbesar Piala Dunia yang digelar oleh FIFA.

Chief Executive gelaran UEFA David Taylor mengatakan, setiap pertandingan di Piala Eropa nanti diperkirakan akan disaksikan oleh sekitar 150 juta pasang mata di seluruh dunia. Bahkan berbagai kepentingan bisnis akan ikut ambil bagian pada pergelaran akbar empat tahunan tersebut.

"Anda bisa lihat bahwa Piala Eropa ini sangat besar, jika kita berbicara tentang sponsor dan lain sebagainya, mereka lebih tertarik untuk menghitung dampaknya keuntungannya secara global," tuturnya, seperti dilansir Reuters, Jumat (8/6/2012).

UEFA telah berhasil menjalin kerjasama dengan 203 stasiun penyiaran dari seluruh dunia. Tim yang terlibat di Piala Eropa mendapatkan dana yang lebih besar dari Piala Dunia.

Namun pihak UEFA tidak mau mengatakan bahwa Piala Eropa lebih besar ketimbang Piala Dunia. "Kami tak akan berani mengklaim bahwa Piala Eropa lebih besar dari Piala Dunia. Namun anda bisa lihat bahwa kami memiliki angka yang lebih besar," tuturnya.

Angka USD1,6 miliar adalah penurunan dari pendapatan UEFA dari gelaran Piala Eropa sebelumnya. Di Piala Eropa Austria-Swiss, UEFA meraih USD394 juta lebih banyak atau hampir menembus angka USD2 miliar.

"Penghasilan bersih UEFA akan turun dari 2008, namun perputaran uang akan berada di level yang sama," pungkas Taylor.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4669 seconds (0.1#10.140)