Cerita Tak Terungkap Di Balik Sparring Paling Brutal Mike Tyson

Jum'at, 06 November 2020 - 09:28 WIB
loading...
Cerita Tak Terungkap Di Balik Sparring Paling Brutal Mike Tyson
Cerita Tak Terungkap Di Balik Sparring Paling Brutal Mike Tyson/The Sun
A A A
Sparring paling brutal Mike Tyson menjelang pertarungan melawan Roy Jones Jr : Dari pelaku intimidasi pada usia 16 hingga dijatuhkan di depan umum. Mike Tyson melejit ke kancah Kelas Berat dalam waktu singkat hingga dijuluki Manusia Paling Buruk di Planet Ini.

Tapi bertahun-tahun sebelum dia dinobatkan sebagai juara Kelas Berat termuda dalam sejarah pada usia 20 tahun, para petarung sudah merasakan langsung kekuatan dahsyat pemuda Amerika itu. Pada usia 16 tahun, di bawah asuhan pelatih legendaris Cus D'Amato, para petinju menyaksikan atau mendengar bisikan tentang sosok brutal dari Catskill, New York yang mengalahkan pria dewasa.



Sekarang, di usia 54 tahun, sparring partner mengalami perlakuan yang sama saat Tyson bersiap untuk comeback bulan ini melawan Roy Jones Jr, 51, dalam ekshibisi delapan ronde. Di sini SunSport mengungkapkan sparing paling terkenal Iron Mike yang termasuk juara masa depan, lawan dan dijatuhkan di depan umum.

Jimmy Clark - 1983

Pada usia 16 tahun, Tyson berlatih bersama Olympian, Jimmy Clark, dengan pelatih D'Amato ingin melihat bagaimana Kelas Berat amatir akan melawan petarung berpengalaman. Aman untuk mengatakan melakukan lebih dari sekadar lulus.

Cerita Tak Terungkap Di Balik Sparring Paling Brutal Mike Tyson


Seorang remaja Tyson mundur dan menggertak Clark yang jauh lebih tinggi menunjukkan tanda-tanda awal gaya klasik 'cilukba' untuk menggerakkan kepalanya dan mengubah sudut dengan cepat saat dia melakukan pukulan. Pada satu titik Clark dengan putus asa mengikat Tyson dan berteriak, "Anak yang kuat, Cus. Anak yang kuat".



Pertarungan itu direkam tetapi setelah hanya satu putaran Clark berkata, "Hentikan" karena dia menuntut semua pembuatan film berakhir saat dia berjuang untuk menahan Tyson dengan pukulannya. Mereka yang mengawasi di sekitar ring terkesima dengan kekuatan Iron Mike - yang secara teratur memilih untuk tidak mengenakan pelindung kepala saat sparring untuk meningkatkan penglihatannya.

Carl Williams - 1983

Tyson yang berusia 17 tahun melakukan perjalanan ke gym Williams untuk sesi sparring yang enam tahun kemudian akan menjadi pokok pembicaraan sebelum pertarungan perebutan gelar dunia. Masih amatir, pemukul berat itu berbagi ring dengan pemain profesional Williams yang saat itu berusia 23 tahun, dengan berbagai kenangan berbeda tentang bagaimana perjalanannya.

Cerita Tak Terungkap Di Balik Sparring Paling Brutal Mike Tyson


Dalam rekaman yang bocor, Williams mampu menahan Tyson darinya dengan jab yang solid dan serangan balik yang bagus meskipun tekanan kaki depan terus-menerus. Berbicara sparing, Williams mengenang: "Dia melompati saya pada hari itu, membuat hidung saya berdarah dan segalanya, saya terguncang. Saya berkata pada diri saya sendiri 'Ya Tuhan, bagaimana saya akan membiarkan amatir ini masuk di sini dan lakukan itu padaku.''

"Saya sangat marah malam itu. Saya pulang ke rumah dan memikirkannya dan keesokan harinya saya datang ke gym dengan sikap berbeda terhadapnya dan menjatuhkannya"



Tapi Tyson berkata: "Dia memperdebatkan saya ketika saya berumur 14 atau 15 tahun dan dia tidak bisa membunuh saya saat itu. Sekarang saya lima kali atau sepuluh kali lebih baik daripada saya sekarang." Catatan yang berbeda tidak terlalu berpengaruh ketika mereka bertarung dalam tim profesional pada tahun 1989. Kemudian Tyson mengalahkan Williams hanya dalam waktu satu setengah menit.

Lennox Lewis- 1983
Lawan masa depan Tyson lainnya yang ia lawan adalah bintang Inggris Lenox Lewis . Setelah memenangkan Kejuaraan Junior Dunia, Lennox diberitahu bahwa saingan sejatinya untuk mahkota belum berhasil naik ring.

Mengingat preferensi Tyson untuk tidak terbang ke Republik Dominika untuk kompetisi, Lewis didorong untuk bertemu dengannya, seperti yang dia katakan pada Joe Rogan: "Saya memenangkan Kejuaraan Junior Dunia di Santo Domingo, Republik Dominika dan saya ingat tim Amerika berkata, 'Oh, baiklah kamu tidak pernah melawan yang terbaik'.''

Cerita Tak Terungkap Di Balik Sparring Paling Brutal Mike Tyson


"Saya pikir orang Amerika mengirim tim terbaik? 'Ya tapi satu orang, dia tidak suka naik pesawat dan manajernya juga tidak suka naik pesawat.' Jadi saya dan pelatih saya meninggalkan Kanada dan kami berkendara jauh-jauh ke atas sana.''

"Hari pertama di gym, bel berbunyi, dia datang dan dia mencoba membunuhku. Aku jelas melakukan Muhammad Ali dan menjauhi kekuatannya, tapi hari pertama sangat sibuk.''



"Hari kedua agak sibuk tapi semakin baik seiring berjalannya waktu, dan kemudian hari terakhir saya benar-benar mengalahkannya. "Aku ingat Cus D'Amato berkata, 'Mike! Kamu akan bertemu dengannya suatu hari nanti, bukankah begitu!' Dan itu selalu bergema di pikiranku, 'Apakah kita akan pernah bertengkar?'. Karena Cus D'Amato mengatakan kami akan bertarung, dan itu memang terjadi."

D'Amato, bukan untuk pertama kalinya, benar ketika Lewis melakukan KO dan membentuk Tyson pada tahun 2002, dengan banyak kiri frustrasi pertarungan tidak terjadi di akhir 90-an.

Kenny Lakusta - 1988

Lakusta adalah pekerja keras Kelas Berat yang pensiun dengan rekor 23-23-1, melawan orang-orang seperti Larry Holmes, George Foreman dan Frank Bruno sebelum meninggalkan olahraga pada tahun 1994. Tetapi pada tahun 1988 dia membuat nama untuk dirinya sendiri karena menjadi rekan tanding Tyson sebelum dia mempertahankan sabuk juaranya melawan Tony Tubbs. Tyson memukul Lakusta dengan tangan kanan yang mematikan dan bahkan harus menghentikan sparing sejenak setelah merusak tulang rusuk rekan latihannya. Tetapi di depan publik dia melanjutkan dan bahkan mulai mendukung Tyson menjelang akhir. Pelatih Kevin Rooney berteriak: "Sobat, orang ini tangguh seperti sialan."

Oliver McCall - 1987 dan 1988

American McCall adalah salah satu mitra tanding utama Tyson setelah dia memenangkan gelar di akhir 80-an. Tyson menggunakan McCall sebelum mengalahkan Tyrell Biggs pada tahun 1987 dan kemudian Larry Holmes setahun kemudian.

McCall lebih tinggi 3 inci dari Tyson dan melakukan pekerjaan yang baik dengan menjaga jarak dan kadang-kadang bahkan menyamai kecepatannya di tengah ring. Selama sparing 1988, pasangan itu saling perang mulut saat sesi memanas sebelum pelatih Rooney berkata, "Tutup pertarungan, kalian berdua".

McCall mengklaim bahwa dia adalah satu-satunya orang yang Tyson tidak pernah bisa KO dalam sparring, seperti yang dia katakan kepada Laugh At First Site: "Dia memukuli rekan sparing lainnya. Saya berkata, 'Yah, saya pasti melakukan sesuatu yang benar karena dia tidak merusak kepala. 'Aku tidak ingin kepalaku pecah.''

"Saya melihat banyak orang yang kepalanya patah dan berteriak dan lari dari sana bahkan tanpa dibayar." Pada tahun 1994 McCall menjadi orang pertama yang mengalahkan juara masa depan Lewis, tetapi tersingkir dalam pertandingan ulang mereka tiga tahun kemudian.

Greg Page - 1990
Tyson dikalahkan untuk pertama kalinya pada tahun 1990, saat James 'Buster' Douglas mencetak KO pada ronde ke-10 yang mengejutkan di Jepang yang hingga saat ini masih menjadi kekalahan terbesar dalam sejarah tinju. Tapi tulisan itu ada di dinding untuk juara yang tidak disiplin dan terganggu.

Dalam sesi perdebatan pembukaan hanya beberapa hari sebelum pertarungan Tokyo, Tyson terpesona oleh Page, yang menangkap petenis Amerika itu datang dengan hook tepat waktu. Itu adalah satu-satunya saat dia dijatuhkan dalam spar yang tercatat, dengan penonton yang terkejut karena juara kelas berat itu tertinggal di kursi celananya.



Sebelum Douglas melawan penyanyi R&B, Bobby Brown ingat berpesta dengan petinju itu sampai pukul 3.00 pagi sementara Tyson - yang pernikahannya dengan Robin Givens berantakan - mengakui bahwa seks adalah bentuk pelatihan utamanya sebelum rentetan tak terkalahkan dan jubah gaibnya berakhir.

Dia berkata: "Selain berhubungan seks dengan pelayan, saya melihat gadis muda Jepang yang berhubungan seks dengan saya terakhir kali saya di Jepang.'' "Robin akan pergi berbelanja dan aku akan turun ke belakang hotel di mana gadis muda ini memiliki kamar ... jadi itu adalah latihanku untuk Douglas."
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5841 seconds (0.1#10.140)