Bisakah Guardiola Perbaiki Masalah di Musim Ini?

Jum'at, 20 November 2020 - 08:33 WIB
loading...
Bisakah Guardiola Perbaiki Masalah di Musim Ini?
Posisi Pep Guardiola di Manchester City sudah aman. Sekarang pelatih berkepala plotos itu tinggal memikirkan pekerjaan selanjutnya / Foto: Livescore
A A A
MANCHESTER - Posisi Pep Guardiola di Manchester City sudah aman. Sekarang pelatih berkepala plotos itu tinggal memikirkan pekerjaan selanjutnya.

Perjalanan Guardiola bersama City sebenarnya tidak terlalu buruk. Di kompetisi domestik, dia telah banyak menyumbangkan trofi buat klub. Total, enam trofi sudah diraih The Citizens sejak pelatih asal Spanyol itu tiba di Etihad pada 2016 lalu. (Baca juga: Perpanjang Kontrak, Guardiola Akui Manchester City Telah Berikan Segalanya )

Di musim terakhirnya, tanda tanya besar sempat menghantui Guardiola ketika City menorehkan awal terburuk dalam sejarah klub dengan meraup 12 poin dan berada di urutan 10 pada klasemen sementara Liga Primer Inggris. Masa depannya pun terancam, namun Guardiola mampu mendapatkan dukungan yang baik.

Sekarang Guardiola harus mengejar defisit enam poin dari Leicester City. Dan, dengan satu pertandingan di tangan, itu tidak seburuk kedengarannya. (Baca juga: Urusan Belum Selesai, Guardiola Masih Penasaran Trofi Liga Champions )

Bagaimanapun, City tidak akan memberi Pep Guardiola kontrak baru selama dua tahun jika mereka tidak benar-benar percaya bahwa dia adalah orang yang tepat untuk merebut mahkota kembali dari Liverpool. Pertanyaan pun muncul, bisakan Guardiola perbaiki maslaah di musim ini?

Berikut 3 Masalah yang Perlu Diperbaiki Guardiola:

1. Pertahanan

Sangat awal untuk mengatakan ini, tetapi jika tak ditangani maka masalah ini menjadi serius. Pada 27 September misalnya, Leicester pergi ke Etihad Stadium dan mengalahkan City hingga menyerah, mencetak lima gol dari tujuh tembakan, dengan tiga di antaranya datang dari titik penalti.

Dalam pertandingan ke-10.911 dalam sejarah Liga Primer, sebuah tim kebobolan tiga gol penalti dalam satu pertandingan untuk pertama kalinya. Dalam pertandingan ke-686 dalam karier manajerial Guardiola, pria Spanyol itu kebobolan lima gol dalam satu pertandingan untuk pertama kalinya.

Semua kelemahan City terungkap dalam rentetan 51 menit. Klub telah mencoba untuk mendapatkan bek tengah baru sepanjang musim panas, dan mereka baru mendapatkan Dias pada 29 September.

Klub sekarang tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan di semua kompetisi sejak kekalahan Leicester itu, hanya kebobolan empat gol. Dias telah terbukti menjadi pelapis sempurna untuk Aymeric Laporte yang halus, tenang, dan presisi. Dia dengan cepat disamakan dengan Vincent Kompany dan sulit untuk sepenuhnya menghilangkan perbandingan itu, dengan keduanya berbagi agresi dan intensitas nyata dalam permainan bertahan mereka, dan tidak pernah pergi 30 detik tanpa mengantar orang-orang di sekitar mereka ke posisi.

Pertahanan City tampaknya telah diperbaiki, sekarang menempati peringkat terbaik kedua di divisi musim ini untuk gol yang diharapkan per pertandingan (tidak termasuk penalti) - 0,8.

2. Lini Tengah

Anda bisa lebih atau kurang menjamin bahwa, kecuali cedera atau istirahat, Kevin De Bruyne dan Rodri akan memulai setiap pertandingan untuk City musim ini. Masalahnya adalah gelandang ketiga dan ketidakmungkinan mengganti pria seperti David Silva, yang keahliannya terasa lebih unik sekarang hilang.

Ini adalah penyederhanaan yang berlebihan dari peran Silva, tetapi dia membuat tim bekerja tanpa harus mengorbankan kreativitasnya untuk melakukannya. Phil Foden awalnya dianggap mampu menggantikan peran Silva, namun faktanya dia sulit menyamakan permainannya dengan Silva. Foden lebih suka melakukan serangan bukan pemain penyeimbang permainan.

Bernardo memang memiliki sejumlah kesamaan - bola menempel di kakinya dan dia tahan tekanan, tetapi meskipun demikian, dia tidak dapat mengontrol tempo seperti Silva dan kesulitan untuk menciptakan peluang mencetak gol ketika memulai sebagai gelandang yang lebih dalam. Opsi ketiga, Ilkay Gundogan, mungkin yang paling cocok.

Gelandang asal Jerman mengontrol tempo dengan mudah dan memiliki jangkauan asli untuk umpannya, sedangkan Foden dan Bernardo tampaknya bermain dalam radius yang lebih pendek. Namun demikian, perlu diketahui ketika Gundogan dan Rodri tampil bersama, City memiliki presentase 65% kemenangan di Liga Primer Inggris, dengan rekor poin per pertandingan 2,1.

3. Serangan

Manchester City membukukan rekor terpanjang tanpa mencetak dua gol dalam satu pertandingan di bawah asuhan Guardiola. Pasalnya, City hanya mampu membukukan 10 gol dalam tujuh pertandingan di Liga Primer Inggris musim ini.

Jumlah itu jauh lebih sedikit ketimbang musim lalu (27). Saat membandingkan berdasarkan per pertandingan melawan musim lalu, jumlah gol yang dicetak pemain depan mengalami penurunan.

Saat mencari alasan mengapa penurunan besar terjadi, yang paling mudah adalah menunjukkan absennya Sergio Aguero dan Gabriel Jesus secara reguler, dua pemburu sejati yang pergerakannya secara alami menciptakan peluang yang lebih baik.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)