Pemuda 20 Tahun Jadi Pembalap Jepang ke-21 di Formula One

Rabu, 16 Desember 2020 - 22:16 WIB
loading...
Pemuda 20 Tahun Jadi Pembalap Jepang ke-21 di Formula One
Yuki Tsunoda akan membela tim AlphaTauri pada Formula One (F1) 2021. foto : reuters
A A A
FAENZA - Yuki Tsunoda menjadi pembalap Jepang ke-21 yang tampil pada ajang Formula One (F1). Pemuda berusia 20 tahun itu mendapat kepercayaan berada di belakang kemudi tim AlphaTauri untuk musim 2021.

Yuki akan bahu membahu bersama Pierre Gasly pada musim depan. Dia menggantikan pembalap asal Rusia, Daniil Kvyat yang tampil kurang menjanjikan pada musim ini. Tsunoda akan menjadi pembalap Jepang pertama di F1 sejak Kamui Kobayashi membela tim Caterham pada 2014.

Baca juga : Crutchlow Lebih Tepat Jadi Test Rider Yamaha Dibanding Lorenzo? Ini Penjelasan Lin Jarvis

Tsunoda dipercaya AlphaTauri setelah tampil mengesankan pada Formula 2 2020. Anggota dari program pembalap junior Honda dan Red Bull ini berhasil finis di peringkat ketiga di musim pertamanya. Bahkan, dia berhasil mendapatkan poin yang diperlukan untuk mendapatkan superlicence FIA yang membuka jalannya promosi ke F1.

“Seperti kebanyakan pembalap, F1 menjadi tujuan utama saya sebagai pembalap. Jadi, saya sangat senang dengan berita ini. Saya menyadari akan membawa harapan banyak untuk pengemar F1 Jepang tahun depan, dan saya akan melakukan yang terbaik untuk mereka,” kata Tsunoda dilansir situs resmi F1.

Baca juga : Keputusan Dovizioso Mengundang Tanya Marc Marquez

Sebelumnya, Tsunoda telah melakukan tes pada mobil F1 spek 2018 di Imola, bulan lalu. Selain itu, dia juga ikut serta dalam tes pembalap muda bersama AlphaTauri di Abu Dhabi. Setelah itu, Red Bull tampaknya tertarik dengan hasilnya, dan membuat Tsunoda dipercaya membalap bersama tim yang berbasis di Faenza, Italia itu.

“Red Bull telah mengikuti karir Yuki untuk sementara waktu sekarang, dan saya yakin dia akan menjadi aset besar bagi tim kami,” ucap kepala tim AlphaTauri Franz Tost.

“Mengamati dia di F2 tahun ini, dia telah menunjukan perpaduan yang tepat antara agresi balapan dan pemahaman teknis. Pada tes di Abu Dhabi minggu ini, dia terbukti cepat belajar dan siap melangkah ke F1,” paparnya.
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)