Selamat Jalan Alex Asmasoebrata, Legenda Balap Nasional yang Juga Politikus

Sabtu, 02 Januari 2021 - 12:05 WIB
loading...
Selamat Jalan Alex Asmasoebrata, Legenda Balap Nasional yang Juga Politikus
Mantan pembalap nasional Alex Asmasoebrata meninggal dunia pada Sabtu (2/1/2021) dini hari WIB/Foto/okezone.com
A A A
JAKARTA - Dunia otomotif Indonesia berduka. Mantan pembalap nasional Alex Asmasoebrata meninggal dunia pada Sabtu (2/1/2021) dini hari WIB. Almarhum wafat pada usia 69 tahun setelah sempat dirawat selama beberapa hari di RSCM Kencana Jakarta.

Nama Alex Asmasoebrata lekat dengan dunia balap Indonesia. Ia sudah menjadi pembalap mobil sejak usia muda. Prestasinya pun tidak main-main. Lelaki asal Sumedang, Jawa Barat, itu tercatat pernah menjadi juara nasional balap mobil. (Baca juga: Dunia Otomotif Nasional Kehilangan Sosok Legenda Balap Alex Asmasoebrata )

Selain menyenangi balap mobil, almarhum juga berkecimpung di beberapa cabang olahraga, seperti tenis dan berkuda. Ia bahkan pernah menyandang status sebagai Ketua Harian Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI). (Baca juga: Rossi Pertama Kalinya Bicara sebagai Pembalap Tim Petronas SRT ).Walau begitu, tentu saja namanya lebih harum di dunia balap. Kecintaannya pada dunia balap mobil lantas diturunkan kepada putri bungsunya, Alexandra Asmasoebrata. Alex, sapaan akrabnya, muncul sebagai pembalap wanita terbaik di Indonesia. (Baca juga: Dovizioso Ogah ke Honda Cuma Jadi Serep Marquez ).

Didikan sang ayah mampu menjadikan Alex sebagai pemenang beberapa seri balapan di ajang Formula Renault Asia. Namun, perempuan berusia 32 tahun itu tidak pernah bisa menembus kategori yang lebih tinggi di ajang balap mobil.

Meski demikian, nama Alex Asmasoebrata tetap harum. Alex juga dikenal sebagai politikus. Sempat bergabung dengan PDI dan kemudian PDIP, Alex Asmasoebrata kemudian loncat ke Partai Demokrat pada 2014. (Baca juga: Ducati Optimis Tatap MotoGP 2021 ).

Setelah itu, namanya tidak lagi terdengar. Ia sempat mencalonkan diri sebagai Ketua KONI DKI Jakarta pada 2017. Sayangnya, almarhum gagal mendapat kursi ketua. Kini, sang legenda di dunia olahraga itu sudah berpulang.

"Innalillahi Wainnailaihi RojiunTelah meninggal dunia, suami/ papa/ kakek/ kami M.A.S. ALEX ASMASOEBRATA Pada Sabtu, 2 Januari 2021 00.10 WIB di RSCM Kencana," bunyi pesan yang diterima media ini.

"Mohon keikhlasan untuk mendoakan rahimahullah semoga Alm husnul khatimah."

"Tanpa mengurangi rasa hormat dan terimakasih kami tidak menerima kunjungan/takziyah mengingat situasi pandemi saat ini untuk keamanan dan kesehatan semua pihak.”
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)