Erick Thohir dan Menpora Bahas Persiapan Venue Piala Dunia Basket 2023

Rabu, 10 Maret 2021 - 23:23 WIB
loading...
Erick Thohir dan Menpora Bahas Persiapan Venue Piala Dunia Basket 2023
Erick Thohir dan Mepora Zainudin Amali bertemu di Jakarta untuk membahas persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket 2023. Foto: MNC Portal/SINDOnews/Susanto
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menemui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Rabu (10/3/2021). Keduanya membahas persiapan Indonesia sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 alias Piala Dunia Basket 2023.

Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 yang rencananya berlangsung pada 16-28 Agustus 2021. Sementara untuk ajang Piala Dunia FIBA 2023 (Piala Dunia Basket), Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah tiga negara bersama Jepang dan Filipina.

Baca Juga: Timnas Basket Indonesia Masuk Grup Maut di FIBA Asia Cup 2021

Menurut Erick, Indonesia masih perlu membangun venue guna menggelar event besar itu. Namun, venue nantinya bersifat multifungsi- yang tidak hanya diperuntukkan bagi penyelenggaraan kejuaraan bola basket, tetapi juga event-event olahraga lainnya.

“Untuk venue, intinya kami tidak mau membangun venue yang tidak terpakai karena dari catatan Asian Games 2018 sudah dibahas kalau venue ini jangan sampai terbengkalai,” kata Erick yang juga menjabat anggota dewan FIBA.

“Itulah kenapa pembangunannya juga bukan hanya gedung basket, tetapi gedung multifungsi dan tempatnya tetap di GBK yang dekat dengan Kempora,” kata dia menambahkan.

Menpora Zainudin Amali menyambut baik rencana tersebut. Menurutnya, pembangunan venue bola basket untuk Piala Dunia FIBA 2023 memang menjadi kebutuhan mendesak sebab Indonesia belum memiliki venue dengan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar FIBA.

“Untuk venue ini kita memang belum punya jadi ini kewajiban Indonesia. Kita harus menjadi tuan rumah yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap,” ujar Zainudin.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)