Status Bermasalah di FIFA, Ezra Walian Masih Bisa Tampil di SEA Games 2021, Ini Alasannya

Senin, 31 Mei 2021 - 15:01 WIB
loading...
Status Bermasalah di FIFA, Ezra Walian Masih Bisa Tampil di SEA Games 2021, Ini Alasannya
Status naturalisasi Ezra Walian masih bermasalah di FIFA/Foto/dok
A A A
JAKARTA - Status naturalisasi Ezra Walian masih bermasalah di FIFA . Imbasnya, pemain kelahiran Amsterdam, Belanda ini tak bisa membela timnas Indonesia dalam setiap pertandingan resmi FIFA.

Gelandang Persib Bandung itu masih tersandung masalah status naturalisasinya di FIFA. Masalah berawal saat KNVB Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) mengirimkan memorandum ke FIFA ketika Ezra resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pasalnya, Ezra sempat membela timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17.



Fifa pun mengacu pada Pasal 8 Statuta FIFA mengabulkan memorandum ini dengan melarang Ezra berpartisipasi dalam kegiatan Timnas. Bunyi peraturan yang terdapat di bagian Regulations Governing the Application of the Statutes tersebut ialah “pemain yang berpindah kewarganegaraan tidak diizinkan bermain untuk negara barunya di kompetisi apapun bila sudah bermain untuk negara sebelumnya.

Namun, di tahun ini harapan membela timnas Indonesia bagi gelandang berusia 23 tahun ini mulai terbuka sedikit demi sedikit. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi dalam Kongres Tahunan PSSI Sabtu, 29 Mei 2021 lalu.



Yunus sudah memulai pergerakan untuk melobi FIFA terkait permasalahan Ezra ini. Dalam permohonan yang berlangsung alot tersebut didapatkan bahwa Ezra bisa bermain untuk timnas pada turnamen yang tidak di bawah FIFA seperti, SEA Games .

"Kami sudah berkomunikasi dengan FIFA. Mereka sudah mengeluarkan catatan yang bilang 'Anda sudah tau keputusannya',” kata Yunus Nusa setelah digelarnya Kongres.

"Ezra belum bisa main di pertandingan FIFA, kecuali di turnamen seperti SEA Games," ucap Yunus.

Yunus pun meyakini publik bahwa timnya terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan ini. Menurutnya, kompromi dengan FIFA tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Dia pun saat ini selalu memantau perkembangan regulasi FIFA yang dimungkinkan bisa berubah. Timnya akan konsisten mem-follow-up ke FIFA.

“Mudah-mudahan ketika ada perubahan regulasi, tim Departemen Teknis selalu tanyakan ke FIFA,” lanjutnya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)