Menanti Gaya Anak Muda Menggocek Klub Bola

Selasa, 15 Juni 2021 - 06:04 WIB
loading...
A A A
Selain itu, kata dia, investor-investor termasuk anak-anak muda yang juga merupakan seleb media sosial tentu berharap ada imbal hasil dari yang diinvestasikan (return of investmet/ROI) yang suatu ketika bisa diperoleh. Lantas dari mana imbal hasilnya?

Ryan menuturkan, seorang investor atau pemilik klub sepakbola tentu akan mempercayakan klubnya kepada orang-orang yang benar-benar memahami dan mengenal dengan baik bagaimana manajemen klub sepakbola. Karenanya, orang-orang yang diberikan kepercayaan itu haruslah memahami teknik manajerial dan mengelola klub sepakbola.

"Dari soal meng-hire pemain, merekrut pemain, menyeleksi pemain. Dari sisi logistik, dari akomodasi, dan sebagainya, termasuk pembayaran gaji pemain sudah diperhitungkan tentunya. Nah tentu ini harus orang yang betul-betul piawai, punya kapabilitas, untuk mengelola sebuah klub sepakbola dari A sampai Z," tegasnya.

Hal lain yang penting adalah, investor atau pemilik klub sepakbola harus punya orang atau mempercayakan minimal satu orang yang memahami dan menguasai aspek manajemen keuangan. Adapun terkait imbal hasil investasi, poin tersebut bisa berasal dari beragam jenis mulai sponsor hingga penjualan merchandise.

“Sponsor akan tertarik ketika klub itu memiliki potensi untuk berprestasi. Sebuah klub sepakbola dapat memberikan tawaran-tawaran sponsorship pemasangan logo sponsor baik di jersey tanding kandang maupun tanding tandang, di lengan kiri atau kanan jersey, di bagian depan atau belakang jersey, hingga atribut-atribut latihan tim seperti rompi dan jaket.

Sumber penerimaan lainnya adalah berasal dari tiket pertandingan. Ini bisa diperoleh dengan cara mengeluarkan jenis tiket satu kali pertandingan atau tiket terusan yang bisa satu tahun sekaligus. Di smping itu, ada juga sumber pemasukan lain yakni dari iuran tetap keanggotaan fans resmi klub sepakbola.

Menurut Ryan, jika bicara klub sepakbola maka ada dua jenis fans yakni fan sebagai individual yang tidak terikat sebagai anggota dan fan yang terikat sebagai anggota resmi. Iuran bagi fans yang memiliki keanggotaan resmi bisa dibuat per tahun.

"Kalau fans yang mengiur satu tahun misalnya, tentu dia dapat diskon-diskon tertentu lah. Misalnya, kalau dia beli jersey klub idolanya tentu bisa dapat diskon 10-20%," paparnya.

Adapun terkait benefit sponsor, kata Ryan, bisa berupa pemasangan logo dari korporasi atau perusahaan sponsor. Itu memiliki nilai yang beda-beda tergantung kesepakatan kontrak klub dengan sponsor.

“Kontraknya berapa lama, durasinya apakah satu tahun ataukah tiga tahun, itu bergantung kepada kesepakatan pengelola klub sepakbola dengan pihak sponsorship-nya," ujar Ryan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)