Oleksandr Usyk si Miskin Menjelma Jadi Juara Kelas Berat Miliuner

Selasa, 28 September 2021 - 12:21 WIB
loading...
A A A
Namun, baru pada tahun 2012 puncak kejayaan karier amatirnya mendorongnya menuju ketenaran internasional. Usyk memenangkan medali emas di Olimpiade London 2012, mengalahkan Artur Beterbiev, Tervel Pulev dan Clemente Russo dari Italia. Di tahun yang sama dia memenangi kejuaraan dunia.

Petinju kidal dengan tinggi 187 cm itu kemudian akan menggantung sarung tinju amatirnya dengan rekor mengesankan 335 kemenangan dan hanya 15 kekalahan. Setelah berjaya di amatir, Usyk mulai promosi ke profesional.

Pada tahun 2016 ia mengalahkan Krzysztof Glowacki dengan poin dalam pertarungan yang menakjubkan untuk merebut gelar Kelas Penjelajah WBO. Pada 21 Juli 2018, Usyk merebut empat sabuk juara Kelas Penjelajah WBC, WBA Super, IBF, dan WBO mengalahkan Murat Gassiev.

Baca Juga: Lennox Lewis Ungkap Penyebab Anthony Joshua Kalah dari Usyk


Petinju berusia 34 tahun itu baru melakukan debutnya di divisi Kelas Berat pada 2019, setelah mengalahkan semua orang di Kelas Penjelajah. Dalam dua debutnya di Kelas Berat, Usyk menghabisi Chazz Witherspoon dan Derek Chisora sebelum menjadi penantang wajib Anthony Joshua yang saat itu memegang sabuk juara WBA (super), WBO, IBF, IBO.

Oleksandr Usyk si Miskin Menjelma Jadi Juara Kelas Berat Miliuner

Oleksandr Usyk menjadi juara dunia Kelas Berat mengalahkan Anthony Joshua

Akhirnya, sejarah tercipta ketika Usyk menaklukkan Joshua dengan angka mutlak dalam pertarungan di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, pada 25 September lalu. Kemenangan itu menjadikan Usyk menjadi petinju pertama juara Kelas Penjelajah dan jawara Kelas Berat WBA super, WBO, IBF tak terkalahkan dengan rekor 19 menang (13 KO).

Dengan menjadi juara dunia Kelas Berat, Usyk menjadi petinju miliuner dengan mengantongi bayaran sekitar Rp197 miliar dari pay per view. Sebuah angka fantastis untuk anak miskin yang kini menaklukkan kerasnya kehidupan.
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3723 seconds (0.1#10.140)