Kalah 0-18, Ini Skenario Garuda Pertiwi Lolos ke Babak Gugur Piala Asia Wanita 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 - 18:05 WIB
loading...
A A A
Kemudian total gol yang dihasilkan selama penyisihan grup. Bisa juga nantinya dilakukan adu penalti. Ini hanya terjadi jika dua tim yang catatannya sama bertemu di laga penutup.

Selanjutnya adalah pengurangan poin berdasarkan jumlah kartu. Satu kartu kuning akan dikurangi satu poin. Kartu merah dari dua kartu kuning akan dikurangi tiga poin.

Kartu merah langsung dikurangi tiga poin. Sedangkan kartu kuning yang dilanjutkan kartu merah langsung akan dukurangi empat poin. Bila tetap sama juga, maka akan digunakan cara terakhir, yakni pengundian.

Dengan demikian, Indonesia masih punya kans bertahan. Pertama pastinya harus memenangkan dua laga berikutnya melawan Thailand (24 Januari) dan Filipina (27 Januari).

Dengan mendulang enam poin, Indonesia bisa saja nantinya finish sebagai runner-up. Bahkan bukan tidak mungkin menjadi juara grup. Ini juga dengan catatan tiga tim lainnya gagal menambah banyak poin.

Agar Indonesia bisa merebut posisi pertama, maka wajib menundukan Thailand dan Filipina. Tapi, disisi lain, duel Filipina vs Australia dan Australia vs Thailand berakhir imbang.

Jika skenario itu yang terjadi, maka Indonesia mendulang enam poin, lalu Australia lima poin, Filipina empat poin dan Thailand satu poin.

Tapi, seandainya Indonesia kalah dari Thailand, tapi menang melawan Filipina, peluang selamat masih sangat sulit. Ini karena adanya peraturan head-to-head.

Selain itu, Indonesia juga tidak bisa berharap dari jalur peringkat tiga terbaik. Penyebabnya adalah jumlah kemasukan yang terlalu banyak.

Katakanlah Australia menyapu bersih semua laga dan jadi juara Grup B, Indonesia, Filipina dan Thailand bisa sama-sama mendulang tiga poin. Namun, Thailand yang lebih berhak menemani Australia karena unggul head-to-head dari Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2341 seconds (0.1#10.140)