New Normal di Panggung Bola Basket, Perbasi: Ikut Aturan Gugus Covid-19 Masing-Masing Daerah

Kamis, 18 Juni 2020 - 00:22 WIB
loading...
New Normal di Panggung Bola Basket, Perbasi: Ikut Aturan Gugus Covid-19 Masing-Masing Daerah
Pengurus Besar (PB) Persatuan Bola Basket Indosia (Perbasi) bijak menyikapi panduan dalam New Normal yang dikeluarkan pemerintah / Foto: Bolabasket
A A A
JAKARTA - Pengurus Besar (PB) Persatuan Bola Basket Indosia (Perbasi) bijak menyikapi panduan dalam New Normal yang dikeluarkan pemerintah. Namun demikian, pihaknya masih belum bisa menentukan kapan kompetisi bola basket dapat dimulai.

Sebelumnya atau tepatnya Selasa (15/6), Kemenpora mengeluarkan surat edaran nomor 6.11.1/Menpora/VI/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan dalam Mendukung Keberlangsungan Pemulihan Kegiatan melalui Adaptasi Perubahan Pola Hidup dalam Tatanan Normal Baru. (Baca juga: Menpora Pesan Atlet Terapkan Protokol Kesehatan )

"PP Perbasi tidak bisa menentukan kapan kompetisi bola basket bisa dimulai. Karena untuk bisa dimulai latihan, harus seizin dan ikut aturan Gugus Covid 19 masing-masing daerah. Perbasi hanya bisa membuat protokolnya aja," tutur Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih, dalam jumpa pers Virtual, Rabu (17/6).

Dalam jumpa pers ini, hadir Ketua Umum, Sekretaris Jenderal Perbasi Nirmala Dewi, dan bidang-bidang yang terkait. Perbasi sudah mengeluarkan acuan New Normal Guidance. Dalam cover Guidance itu, tampak jelas para pebasket Indonesia berlatih menggunakan masker. (Baca juga: Apresiasi Kejurnas Cricket, Menpora Pesan Atlet Terapkan Protokol Kesehatan Jakarta )

Selain mempersiapkan kebersihan dengan mencuci tangan, syarat wajib adalah penggunaan masker. Sehari sebelumnya, PP Perbasi sudah mengeluarkan Pedoman Penyelenggaraan Bola Basket Indonesia Menuju Normal Baru (New Normal).

Adapun dalam penyusunan pedoman ini, PP Perbasi dibantu oleh tim dari Rumah Sakit Royal Progress, yaitu dr. Panudju Djojoprajitno, MARS beserta tim. PP Perbasi meminta kepada seluruh klub bola basket beserta Perangkat Pertandingan seperti Wasit, Petugas Meja, dan Penyelenggara Kegiatan Bola Basket untuk dapat mematuhi Pedoman yang telah diberikan, demi mencegah dan memutus rantai penularan COVID – 19 ini.

"PP PERBASI berharap dalam menjalankan pedoman New Normal ini. Para pencinta bola basket Tanah Air agar kiranya tetap dapat berkoordinasi dengan saatuan gugus tugas di daerah masing-masing, sebab aturan pemerintah setempat, karena masing-masing daerah punya kebijakan yang berbeda-beda tergantung dari tingkat penularan Covid-19 ini sendiri di masing-masing wilayah. Sehingga, penerapan New Normal Guidance ini pun tentunya akan berbeda pula," jelas Nirmala Dewi.

“Perbasi tidak mau bermain-main dengan situasi New Normal. Kita sudah kangen pada bola basket, namun tetap harus ekstrahati-hati. Apalagi bola basket masuk dalam kategori cabang olahraga yang berpeluang besar menularkan Covid-19. Kita waspada dan siaga penuh,” tambah Danny Kosasih.

Kompetisi bola basket Indonesia (IBL) juga tengah mempersiapkan diri, dengan berbagai protokol. Salah satunya dengan tidak menggunakan lagi pemain asing dan tidak menghadirkan penonton.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)