Cetak Gol Bunuh Diri, Ukraina Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

Senin, 06 Juni 2022 - 01:40 WIB
loading...
Cetak Gol Bunuh Diri, Ukraina Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022
Cetak Gol Bunuh Diri, Ukraina Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022. Foto: Reuters
A A A
CARDIFF - Timnas Ukraina gagal lolos ke Piala Dunia 2022 setelah kalah 0-1 melawan Wales. Gol tunggal di pertandingan itu lahir dari aksi bunuh diri pemain Ukraina, Andriy Yarmolenko.

Tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Cardiff, Minggu (5/6/2022) waktu setempat, Ukraina tampil ngotot sejak menit pertama. Mereka berambisi lolos ke Piala Dunia 2022 demi menggalang dukungan di tengah perang yang terjadi di wilayah negara mereka.



Sayang, ambisi tersebut harus sirna akibat gol bunuh diri. Pada menit ke-34, Timnas Wales menjebol gawang Ukraina setelah tendangan bebas Gareth Bale membentur tubuh Yarmolenko sehingga membuat bola berbelok arah.

Penjaga gawang Ukraina, Bushchan tak berkutik menghadapi bola yang berbelok arah. Papan skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Wales, sekaligus menutup babak pertama.

Di babak kedua, Ukraina sama sekali tak menurunkan tempo permainannya. Mereka masih mendominasi permainan. Bahkan boleh dibilang, Wales tak diberi kesempatan untuk menguasai bola.

Berkali-kali Ukraina mendapatkan peluang emas namun tidak ada yang berbuah gol. Sementara itu, Wales perlahan mulai bangkit. Tim arahan Robert Page itu mulai mendapatkan celah untuk bisa menembus pertahanan tim tamu.

Di menit ke-76, Wales nyaris saja menggandakan kedudukannya. Akan tetapi, kiper Ukraina melakukan penyelamatan yang sangat apik. Pasalnya, Bushchan melakukan double save dengan menepis tendangan Johnson dan Bale.

Tak berselang lama atau tepatnya di menit ke-78, Ukraina melakukan serangan balik cepat. Yarmolenko hampir saja mampu membayar kesalahannya. Tapi tendangan yang dia lancarkan masih bisa di blok oleh Ben Davies.

Pada lima menit waktu akhir, Ukraina terus menggempur pertahanan Wales. Wajar saja itu mereka lakukan. Mengingat, laga ini sangat penting karena untuk memastikan tiket ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Namun sayang, Ukraina harus menerima kenyataan yang pahit. Mereka kalah dari Wales dengan skor tipis 0-1. Padahal dari segi penguasaan bola, Yarmolenko dkk sangat mendominasi. Hasil ini sekaligus membuat mimpi mereka untuk mentas di Piala Dunia 2022 harus sirna.

Susunan Pemain:

Wales (3-5-2): Hennessey; Ampadu, Rodon, Ben Davies; Roberts, Ramsey, Allen, Daniel James, Williams; Bale, Moore.
Pelatih: Robert Page.

Ukraina (4-1-4-1): Bushchan; Karavayev, Zabarnyi, Matvienko, Mykolenko; Stepanenko; Yarmolenko, Malinovskiy, Zinchenko, Tsygankov; Yeremchuk.
Pelatih: Oleksandr Petrakov.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)