Petinju Australia Andrew Moloney Kehilangan Gelar Dihajar Joshua Franco

Rabu, 24 Juni 2020 - 12:34 WIB
loading...
Petinju Australia Andrew Moloney Kehilangan Gelar Dihajar Joshua Franco
Satu-satunya juara dunia tinju asal Australia Andrew Moloney (kiri) gagal mempertahankan gelar juara kelas terbang super setelah dibungkam Joshua Franco/Foto/boxingscene.com
A A A
LAS VEGAS - Satu-satunya juara dunia tinju asal Australia Andrew Moloney gagal mempertahankan gelar juara kelas terbang supe r setelah dibungkam Joshua Franco (Amerika Serikat). Moloney dikalahkan dengan keputusan bulat dalam pertarungan 12 ronde di MGM Grand Arena, Las Vegas, Nevada, Selasa (23/6/2020) malam waktu lokal atau Rabu (24/6/2020) pagi WIB.

Ini merupakan pertarungan terbesar Moloney sepanjang kariernya. Petinju berusia 29 tahun itu memulai laga dengan penuh antusiasme untuk mempertahankan gelar WBA-nya. ( ).

Namun, Franco berada dalam puncak penampilannnya. Pertarungan berbalik di ronde ke-10 ketika Franco menggedor Moloney dengan kombinasi yang menghasilkan luka di mata kiri petinju Australia tersebut. Franco yang tidak diunggulkan justru di atas angin ketika di ronde ke-11 mendominasi dan menjatuhkan Moloney dengan pukulan ke kepala.

Sebelumnya Moloney difavoritkan dengan 9-1 pada Senin (22/6/2020), tetapi Franco yang gigih mencetak poin besar di ronde ke-11, dan mengungguli Moloney dengan hasil tiga juri memenangkan dirinya, Julie Lederman (115-112), Dave Moretti (114-113) dan Patricia Morse Jarman (114-113). ( ).

Menurut BoxingScene, seandainya Franco (17-1-2, 8 KO) tidak menjatuhkan Moloney (21-1, 14 KO) di awal babak ke-11, pertarungan mereka saja menghasilkan hasil imbang.

"Perasaan yang bagus," kata Franco kepada Bernardo Osuna dari ESPN. "Tapi saya masih belum menyadari ini nyata. Saya tidak percaya. Saya seorang juara dunia. Saya bekerja sangat keras untuk ini. Saya tahu semua kerja keras akan membuahkan hasil pada akhirnya." ( ).

Franco menjadi juara kedua WBA di divisi terbang super. Roman "Chocolatito" Gonzalez (49-2, 41 KO) merupakan juara "super" WBA di kelas 115 pounds ini. Namun yang pasti kemenangan ini menjadi prestasi puncak Franco setelah kekalahan mengejutkan TKO di ronde kesembilan dari Lucas Fernandez pada 24 Maret 2018.

Pertarungan Moloney vs Franco digelar tanpa penonton, dan menjadi bagian dari tiga pekan pertarungan yang diselenggarakan oleh promotor tinju Top Rank Bob Arum.

Ini menjadi pekan bersejarah bagi olahraga Australia dengan saudara kembar identik Moloney, Jason, petinju kelas bantam, bertarung melawan Leonardo Baez dari Meksiko di MGM pada Kamis (Jumat WIB).

Hasil lengkap

Kelas berat
Helaman Olguin kalahkan Adam Stewart (keputusan mayoritas)

Kelas ringan super
Miguel Contreras kalahkan Rolando Vargas (keputusan bulat)

Kelas bulu
Christopher Diaz kalahkan Jason Sanchez (keputusan bulat)

Kelas terbang super
Joshua Franco kalahkan Andrew Moloney (keputusan bulat)
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)