Shin Tae-yong Bongkar Rahasia, Tangani Timnas Indonesia Mirip Gaya Guardiola

Rabu, 20 Juli 2022 - 23:02 WIB
loading...
Shin Tae-yong Bongkar Rahasia, Tangani Timnas Indonesia Mirip Gaya Guardiola
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong punya trik cara mengakali kurangnya persediaan striker lokal berkualitas/Foto/PSSI
A A A
JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong punya trik cara mengakali kurangnya persediaan striker lokal berkualitas. Juru taktik asal Korea Selatan itu menerapkan strategi tanpa penyerang murni yang miripa dengan apa yang dilakukan Pep Guardiola bersama Manchester City.

Shin Tae-yong mengatakan kurang bomber lokal berkualitas membuat dia berpikir untuk mengusung strategi tanpa penyerang murni. Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu juga mengatakan bahwa dia ingin pemain-pemain depannya aktif bergerak di daerah lawan.

Baca juga: Harry Maguire Dicemooh Fans saat Manchester United vs Crystal Palace, Van de Beek Geram

Sekilas pernyataan Shin Tae-yong tersebut mirip dengan apa yang sudah dilakukan pelatih-pelatih top di Eropa seperti Pep Guardiola atau Erik ten Hag.

Bersama Manchester City, Guardiola kerap bermain tanpa penyerang murni pada musim 2020/2021. Sedangkan pelatih Manchester United, Erik ten Hag, sempat mengatakan ingin pemain-pemain depannya aktif menekan di daerah lawan.

Baca juga: Sporting CP vs AS Roma: Ditonton Paulo Dybala, Giallorossi Keok di Uji Coba

Sebagaimana diketahui, stok penyerang berkualitas masih menjadi masalah serius Timnas Indonesia. Pada Piala AFF U-19 2022 silam. Shin Tae-yong bahkan sampai meminta rekomendasi penyerang berkualitas kepada publik sepak bola Indonesia.

Shin Tae-yong kemudian kerap mengakali hal tersebut dengan bermain tanpa penyerang murni. Sebagai contoh, pada SEA Games 2021 silam, Shin Tae-yong kerap memasang Irfan Jauhari dan Ronaldo Kwateh yang berposisi natural sebagai sayap di posisi penyerang tengah.

Shin Tae-yong pun mengakui bahwa dirinya memang melakukan hal itu dengan tujuan mengakali kurang tajamnya penyerang lokal.

“Pembinaan usia dini seharusnya melahirkan penyerang yang baik, tetapi sampai saat ini hal itu tidak terjadi, jadi strategi yang saya inginkan itu memang tanpa penyerang utama,” kata Shin Tae-yong dikutip podcast dalam Youtube Sport 77 Official, Rabu (20/7/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2215 seconds (11.252#12.26)