Perjalanan Karier Shin Tae-Yong yang Moncer sebagai Pemain dan Pelatih

Kamis, 22 September 2022 - 06:42 WIB
loading...
Perjalanan Karier Shin Tae-Yong yang Moncer sebagai Pemain dan Pelatih
Perjalanan Karier Shin Tae-Yong yang Moncer sebagai Pemain dan Pelatih/PSSI
A A A
Perjalanan karier Shin Tae-yong boleh dibilang sukses sebagai pemain dan pelatih baik di klub maupun di tim nasional. Perjalanan karier Shin Tae-yong akan diulas di artikel ini.

Shin Tae-Yong lahir pada 11 Oktober 1970 di Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan. Shin Tae-yong bermain sepak bola sejak kelas 3 SD. Setelah lulus dari Yeungnam University, Shin Tae-Yong menghabiskan 12 musim bermain untuk Seongnam Ilhwa Chunma.
Bersama Seongnam, Shin Tae-yong memenangkan K-League Young Player of the Year Award pada tahun 1992, yang merupakan tahun karier pertamanya sebagai pesepak bola profesional.

Baca Juga: 3 Alasan Shin Tae-yong Layak Dapat Perpanjangan Kontrak, Loyalitas dan Rasa Cinta

Shin Tae-yong juga menjadi pemain kunci Ilhwa Chunma ketika mereka menjuarai K-League selama tiga tahun berturut-turut dari 1993 hingga 1995. Pada 1995, ia meraih status "Most Valuable Player of the K-League season", dan juga memenangkan Asian Club Championship di akhir tahun.

Setelah mengalami performa klub yang menurun, Ilhwa Chunma sekali lagi memenangkan liga Korea selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2001 hingga 2003, dan Shin Tae-Yong kembali memenangkan "Most Valuable Player of the K-League season" keduanya pada tahun 2001.

Sepanjang menjalani karier bersama Seongnam Ilhwa Chunma, pemain yang memiliki julukan “Fox on The Ground” ini mencetak 99 gol dan memberikan 68 assist dalam 401 pertandingan di K-League, serta Korean FA Cup. Dia bisa saja menjadi legenda yang berstatus “One-Man Club” tetapi Shin justru datang ke Australia untuk bermain untuk Queensland Roar di A-League. Dia dianggap sebagai salah satu pemain K League terbaik sepanjang masa, dan terpilih untuk K League 30th Anniversary Best XI pada tahun 2013.

Dalam karier internasionalnya, Shin Tae-Yong memainkan 23 pertandingan internasional termasuk di Piala Asia AFC 1996 untuk tim nasional Korea Selatan. Karier kepelatihan Shin Tae-Yong dimulai pada tahun 2009 d imana ia menjadi manajer interim untuk Seongnam Ilhwa Chunma dan sukses membawa tim ke peringkat kedua klasemen K-League tahun 2009 dan juga menjadi finalis Korea FA Cup 2009.

Walau tidak didukung dengan finansial yang melimpah, Shin Tae-yong menandatangani kontrak permanen pada tahun berikutnya dan segera membawa kesuksesan, seperti memenangkan Liga Champions AFC 2010 dan Korea FA Cup 2011. Dia menjadi orang pertama yang memenangkan Liga Champions AFC sebagai pemain dan manajer.

Namun, kinerja tim menurun di musim 2012, diperparah dengan kematian Sun Myung Moon, sang pemilik klub, di tengah musim. Dia akhirnya mengundurkan diri dari Seongnam setelah di akhir musim 2011/2012

Pada Agustus 2014, ia menjadi asisten pelatih tim nasional Korea Selatan. Di bawah Shin Tae-yong, Korea Selatan mencapai final Piala Asia untuk pertama kalinya dalam 27 tahun. Manajer Korea Selatan pada waktu itu adalah Uli Stielike, tetapi peran kepelatihan sebenarnya dilakukan oleh Shin Tae-yong, yang bertanggung jawab atas taktik dan pelatihan tim.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1047 seconds (10.177#12.26)