Daftar 7 Ketum Sepak Bola Mundur dari Jabatan, Nomor 2 Paham Budaya Malu

Kamis, 13 Oktober 2022 - 06:01 WIB
loading...
Daftar 7 Ketum Sepak Bola Mundur dari Jabatan, Nomor 2 Paham Budaya Malu
Daftar 7 Ketum Sepak Bola Mundur dari Jabatan, Nomor 2 Paham Budaya Malu. Foto: Kolase/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua umum (Ketum) Federasi Sepak Bola di beberapa negara tak sungkan mundur dari jabatannya usai mendapatkan kritik dan desakan publik atas kinerjanya. Berikut 7 bos federasi yang dianggap bersikap kesatria karena mundur usai didesak masyarakat.

Berbagai alasan mendasari keputusan mundur para Ketum Federasi Sepak Bola tempat mereka bekerja. Sepak bola Italia sedikitnya dua kali merasakan ditinggal bos federasi mereka dengan alasan berbeda. Negara tetangga Indonesia, Malaysia, juga pernah merasakan pergantian pucuk pimpinan sepak bola usai ketum mereka mundur.

Berbeda dengan Indonesia, meski tata kelola sepak bola dinilai compang-camping, petinggi PSSI seperti tak kenal kata mundur. Teranyar soal Tragedi Kanjuruhan .

Kematian 132 orang usai laga Arema FC versus Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022) itu seolah tak mengusik nurani Ketua Umum PSSI M Iriawan.



Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu tutup mata dengan berbagai desakan mundur, termasuk petisi yang telah ditandatangani lebih dari 43.000 masyarakat. Pantas bila netizen di Twitter bahkan mengkritik keras dengan ucapan penuh kemarahan. "Apa urat malu sudah putus?" tulis akun xxx

Berikut daftar 7 ketua umum federasi sepak bola yang mundur dari jabatan:

1. Franco Carraro (Terlibat Calciopoli 2006)
Daftar 7 Ketum Sepak Bola Mundur dari Jabatan, Nomor 2 Paham Budaya Malu

Franco Carraro menjadi Presiden FIGC ketika kasus Calciopolli menerpa sepak bola Italia pada 2006. Saat skandal tersebut terbongkar, Carraro memutuskan untuk mengundurkan diri.

Kasus Calciopoli pada tahun 2006 ini menyeret beberapa tim besar seperti Juventus, AC Milan, Fiorentina, Lazio dan Regina. Namun, yang lebih mengejutkan, Franco Carraro menyebut bahwa Italia menyimpan skandal lebih besar dari Calciopoli 2006.

2. Carlo Tavecchio (Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018)
Daftar 7 Ketum Sepak Bola Mundur dari Jabatan, Nomor 2 Paham Budaya Malu

Kegagalan Timnas Italia lolos dari kualifikasi Piala Dunia 2018 membuat Presiden Federasi Sepak bola Italia (FIGC) Carlo Tavecchio mundur dari jabatannya pada November 2017.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)