Sandiaga Uno Pimpin Pembukaan Grand Final Piala Presiden Esports 2022

Jum'at, 11 November 2022 - 15:16 WIB
loading...
Sandiaga Uno Pimpin Pembukaan Grand Final Piala Presiden Esports 2022
Sandiaga Uno Pimpin Pembukaan Grand Final Piala Presiden Esports 2022. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Babak Main Event atau Grand Final Piala Presiden Esports 2022 resmi dimulai pada Jumat (11/11/2022). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno membuka jalannya babak Main Event yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Rangga Danu Prasetyo selaku Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022, serta Ricky Setiawan selaku Ketua Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PB Esports Indonesia (PBESI).



Turut hadir perwakilan para pengembang atau developer game lokal yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2022 yaitu; Andrew Alexander Halim selaku CEO Battle of Guardians, Prayoga Airlangga selaku GM Games Publishing PT Melon Indonesia dan Ivan Chen CEO Anantarupa Studios sebagai perwakilan Lokapala, serta Haria Dinata selaku Head Business, Development & Partnership Battle of Satria Dewa.

Menurut Sandiaga Uno, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam industri game dan esports. Ia mengatakan jika pendapatan dari industri game mencapai jumlah yang sangat besar, serta mengalami peningkatan yang cukup pesat. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Piala Presiden Esports 2022, yang telah menghadirkan tiga game lokal yang akan dipertandingkan.



“Industri game dan esports Indonesia memiliki potensi yang cukup besar. Pada ekonomi tahun 2021, subsektor aplikasi dan game naik sebesar 9,17% dengan proyeksi sebesar Rp 31,25 triliun. Pada tahun yang sama, pendapatan dari industri game Indonesia mencapai USD 2,1 miliar atau setara dengan Rp30 triliun. Indonesia juga menempati urutan pertama, untuk pasar online mobile gamers di kawasan Asia Tenggara. Saya mengapresiasi Piala Presiden Esports 2022, lantaran menghadirkan tiga game lokal. Semoga turnamen ini dapat membantu game buatan tanah air, menemukan pasar yang signifikan,” ujar Sandiaga Uno dalam saat prosesi pembukaan Main Event Piala Presiden Esports 2022.

Sementara itu Rangga Danu Prasetyo selaku Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022 melihat antusiasme yang tinggi dari penonton maupun atlet yang berlaga. Kehadiran tiga game lokal sendiri menjadi bentuk dari upaya turnamen ini, untuk bisa membangun ekosistem esports Indonesia. Ia juga berharap jika nantinya game lokal bisa dipertandingkan dalam turnamen internasional.

“Sepanjang gelaran Piala Presiden Esports 2022, kami melihat antusiasme yang tinggi baik dari segi penonton maupun atlet yang berlaga. Antusiasme ini terlihat dari peningkatan hours watched pada Piala Presiden Esports 2022 yang meningkat 52% dari tahun lalu. Selain itu juga ada tiga game dalam negeri yang dipertandingkan. Hal tersebut sesuai dengan visi misi kami untuk membangun ekosistem esports Indonesia, serta bisa meningkatkan minat dan juga promosi bagi game lokal agar bisa bersaing dengan game-game lain. Tentunya kami berharap jika ke depannya, game lokal bisa dipertandingkan dalam turnamen internasional,” kata Rangga.

Selaras dengan Rangga, Ricky Setiawan sebagai Ketua Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PB Esports Indonesia (PBESI) mengungkapkan bahwa Piala Presiden Esports yang diselenggarakan dari 2019 hingga 2022 ini merupakan salah satu turnamen esports berskala nasional yang menjadi wujud kepedulian pemerintah terhadap perkembangan ekosistem esports di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)