Apa Arti Dima Maghreb? Slogan Suporter Maroko yang Viral di Piala Dunia 2022

Kamis, 15 Desember 2022 - 11:30 WIB
loading...
A A A
Wilayah tersebut memiliki julukan Tanah Atlas, mengacu pada Pegunungan Atlas yang terletak di dalamnya. Dari sinilah julukan tim sepak bola nasional Maroko berasal, karena mereka memiliki moniker, Atlas Lions.

Sebelum pembentukan negara bangsa modern di wilayah Afrika Barat Laut sepanjang abad ke-20, wilayah barat laut ini umumnya dianggap sebagai Maghreb. Namun, hingga abad ke-19, Maghreb biasanya dianggap sebagai wilayah Aljazair, Maroko, dan Tunisia, khususnya. Ini karena Maghreb menutupi wilayah Mediterania Barat dan pesisir Afria Utara

Mengingat kemenangan Maroko melawan Portugal di perempat final Piala Dunia tahun ini, sejumlah tokoh politik terkemuka dan pemimpin dunia telah memuji tim Afrika Utara. Banyak dari tokoh-tokoh ini juga menganut ungkapan perayaan 'dima maghreb' saat mengucapkan selamat. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken men-tweet ekspresi perayaan setelah kemenangan Maroko.



Raja Mohammed VI menerima panggilan telepon dari Presiden Gabon Ali Bongo Ondimba, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Emir Qatar Tamim Bin Hamad Al Thani, dan Raja Yordania Abdullah II, yang semuanya mengucapkan selamat kepada raja atas pencapaian bersejarah tim.

Dima Afrika adalah slogan resmi dari turnamen sebelumnya. Ungkapan ini terkait dengan partisipasi Maroko di panggung dunia olahraga. Saat negara Afrika Utara menjadi tuan rumah Kejuaraan Negara Afrika 2018, juga dikenal sebagai CHAN 2018, slogan resmi mereka adalah 'dima Afrika'.

Maroko akhirnya menang di kompetisi ini, mengalahkan Nigeria di final untuk mengamankan gelar pertama mereka.
Maroko berharap untuk membawa kesuksesan olahraga mereka selangkah lebih maju saat mereka maju di Piala Dunia tahun ini. Apakah 'Dima Maghreb' akan beruntung untuk kedua kalinya?
(aww)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)
pixels