Piala Dunia 2026 Terakbar: 48 Tim, 104 Laga, Sehari 6 Pertandingan

Rabu, 21 Desember 2022 - 11:29 WIB
loading...
Piala Dunia 2026 Terakbar: 48 Tim, 104 Laga, Sehari 6 Pertandingan
Piala Dunia 2026 Terakbar: 48 Tim, 104 Laga, Sehari 6 Pertandingan/The Sun
A A A
Piala Dunia 2026 lebih keras yang diikuti 48 tim dengan menyajikan 104 pertandingan dan 6 laga sehari menjadi turnamen terakbar. Seiring berakhirnya Piala Dunia 2022 di Qatar, gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi di Doha, stadion-stadion yang gemerlap dan stasiun-stasiun Metro yang berkilauan kini menjadi masa lalu sepak bola.

Untuk semua pembicaraan tentang batas-batas baru dan menyatukan orang-orang, kenyataannya adalah bahwa FIFA benar-benar senang mengucapkan selamat tinggal pada Qatar yang penuh kontroversi dan kritik. Bahkan sebelum koper-koper dikemas, pikiran telah beralih ke inkarnasi berikutnya dari acara yang menyatukan dunia dalam semangat.



Piala Dunia 2026 digelar tiga negara, bukan di satu kota. Di 16 tempat, terbagi dalam empat zona waktu dan ribuan mil - bukan jarak antara Selhurst Park dan Kenilworth Road. Dengan 48 tim, bukan 32 tim yang telah menjadi pedoman sejak tahun 1998.

Lebih banyak wakil dari Afrika, Asia, dan Amerika. Bahkan, untuk pertama kalinya, slot yang dijamin untuk Oseania. Dan, hampir pasti, rekor 104 pertandingan dan 33 hari juga. Akan ada 12 grup yang terdiri dari empat tim, tetapi masalah sebenarnya ada pada tahap berikutnya.

Cara termudah adalah dua tim teratas di setiap grup, ditambah delapan tim terbaik di tempat ketiga, mencapai 32 besar dan delapan pertandingan, bukan tujuh, yang diperlukan untuk menang. Namun, ada beberapa argumen bahwa delapan pemenang grup terbaik harus secara otomatis masuk ke babak 16 besar, dengan empat pemenang grup lainnya ditambah delapan runner-up, bermain untuk bergabung dengan mereka.

Itu berarti 96 pertandingan, bukan 104 pertandingan - masih merupakan Piala Dunia terbesar sejauh ini, dengan hanya 64 pertandingan di Qatar - tetapi juga menyebabkan masalah. Tim yang diundi dalam grup pembuka "lunak" yang memenangkan ketiga pertandingan dengan mudah akan diberi hadiah atas keberuntungan undian, sementara itu juga akan mengubah konsep bahwa semua tim harus memainkan jumlah pertandingan yang sama untuk memenangkan hadiah terbesar dalam sepakbola.

Pilihan lainnya adalah membagi 24 tim yang bersaing menjadi dua bagian, dengan "pemenang" dari dua bagian bertemu di final.
Itu berarti dua tim teratas bergabung dengan empat tim peringkat ketiga terbaik di babak mereka - lebih masuk akal jika turnamen dibagi menjadi bagian "timur" dan "barat" secara geografis - bahkan jika mereka tidak termasuk dalam delapan tim peringkat ketiga teratas secara keseluruhan.

Tetapi faktor lain yang akan sangat berbeda adalah jumlah pertandingan setiap hari di fase grup. Qatar dipadatkan menjadi 29 hari, dengan empat pertandingan setiap hari di tahap pembukaan. Tetapi klub-klub besar Eropa akan memberikan tekanan besar pada FIFA untuk mencegah perluasan turnamen yang berlangsung lebih lama dari maksimal 33 hari.

Solusinya jelas - hingga enam pertandingan setiap hari di babak pembukaan meskipun itu lebih mungkin terjadi pada tahun 2026 daripada di tempat potensial lainnya di masa depan. kota-kota Pantai Timur seperti New York dan Boston tertinggal lima jam dari Inggris, sementara Seattle, Los Angeles, dan San Francisco tertinggal tiga jam lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)