CAS Bakal Sidang 6 Atlet Rusia Terkait Doping

Selasa, 24 November 2015 - 19:50 WIB
CAS Bakal Sidang 6 Atlet Rusia Terkait Doping
CAS Bakal Sidang 6 Atlet Rusia Terkait Doping
A A A
LAUSANNE - Pengadilan Arbitrase Olah Raga (CAS) siap menggelar sidang kepada 6 atet Rusia terkait skandal doping. Sidang tersebut bakal digelar 2-3 Desember mendatang.

Dilansir Washington Times, Selasa (24/11/2015), CAS akan menggelar sidang untuk mendengar banding dari atlet Rusia, Federasi Atletik Rusia (ARAF), dan Badan Anti-Doping Rusia (RUSADA). Hal itu tak lepas dari skandal doping yang tengah melilit Negeri Beruang Merah pada Olimpiade 2012 lalu. (Baca Juga: Menpora Rusia Tuding Tekanan Publik di Balik Pembekuan Atletik Rusia)

Enam atlet yang bakal disidang CAS adalah Sergei Kirdyapkin (juara jalan cepat 50 km Olimpiade 2012 ) dan Olga Kaniskina (juara jalan cepat 20 meter putri peraih perak Olimpiade 2012). Empat atlet lagi adalah Sergei Bakulin, Valery Borchin, Vladimir Kanaykin yang juga atlet jalan cepat serta juara lari halang rintang 3000 meter Yulia Zaripova.

Untuk Kaniskina dan Kirdyapkin, kedua atlet itu sudah dilaporkan RUSADA (Badan Anti-Doping Rusia) dengan hukuman 3 tahun 2 bulan larangan berkompetisi. Namun hukuman itu berlaku sejak diputuskan pada 2012 lalu.

Jika benar demikian, maka Kirdyapkin dan Kaniskina terancam didiskualifikasi dan medali yang didapatkan otomatis dicopot. Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) menyarankan hukuman mesti diberlakukan RUSADA pada Januari tahun depan.

Atletik Rusia memang sedang terancam absen di Olimpiade 2016 mendatang menyusul sanksi IAAF yang menganggap ARAF meloloskan penggunaan doping di Olimpiade 2012. Sejauh ini upaya penyelamatan terus dilakukan dengan memasang target Februari nanti hukuman sudah bisa digugurkan. (Baca Juga: Valentine 2016, Target Rusia Bersihkan Doping)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5247 seconds (0.1#10.140)