Bunda Rio Sebut Anaknya Sudah Hafal Karakter Sirkuit Catalunya

Minggu, 21 Februari 2016 - 21:24 WIB
Bunda Rio Sebut Anaknya Sudah Hafal Karakter Sirkuit Catalunya
Bunda Rio Sebut Anaknya Sudah Hafal Karakter Sirkuit Catalunya
A A A
SOLO - Episode penting bakal dijalani Rio Haryanto setelah resmi menjadi pembalap Formula 1 (F1). Pembalap asal Solo itu akan melakoni tes pramusim F1 2016 bersama Manor Racing Team di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, pada Rabu (24/2/2016) dan Kamis (25/2/2016).

Menurut ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, sirkuit tersebut tidak asing bagi Rio. Sebelum ini Rio sudah pernah tampil di lintasan sepanjang 4,65 km itu saat turun di GP 2. Pennywati berharap Rio tidak mengalami kendala melintasi sirkuit tersebut saat melakukan tes pramusim. (Baca juga: Ketiga dan Keempat Tes Pramusim).

"Rio sudah hafal karakter Catalunya karena pernah berlaga di sana sejak GP 2. Mungkin tinggal adaptasi dengan mobil karena spesifikasinya sangat berbeda," ujar Indah saat ditemui wartawan di Solo, Minggu (21/2/2016). Rio yang berstatus pembalap rookie ini memang mendapatkan mobil dengan spesifikasi baru.

Pada musim ini, Manor Racing Team yang berasal dari Inggris ini akan menggunakan power unit buatan Mercedes. Pembalap kelahiran 22 Januari 1993 ini bakal memakai mobil Manor MRT05. Selain itu, saat ini Manor sudah mempunyai tim konsultan teknis berpengalaman, yakni mantan Direktur Rancang Bangun Ferrari, Pat Fry.

Sedangkan untuk urusan gearbox akan ditangani mantan teknisi Williams. Rio akan bergantian menjajal mobil anyar Manor dengan rekan baru yang juga rookie, Pascal Wehrlei.

Akan tetapi, pembalap berusia 23 tahun ini bakal lebih tenang dalam proses adaptasi maupun mengarungi kerasnya adu cepat balapan mobil dunia bergengsi ini. Karena Rio dibimbing langsung oleh runner-up F1 2001, David Coulthard. Mentor satu ini ditunjuk langsung oleh Manor selaku tim yang menggaet mantan pembalap Campos Racing tersebut.

"Dia akan dibimbing langsung oleh mantan pembalap F1 tersebut. Ini jelas jadi kesempatan yang besar dan berharga bagi Rio untuk belajar sebanyak-banyaknya," pungkas Indah.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9875 seconds (0.1#10.140)