Dampak Brexit, Tim F1 Ramai-ramai Pindah Markas Keluar Inggris

Sabtu, 25 Juni 2016 - 13:01 WIB
Dampak Brexit, Tim F1 Ramai-ramai Pindah Markas Keluar Inggris
Dampak Brexit, Tim F1 Ramai-ramai Pindah Markas Keluar Inggris
A A A
BRACKLEY - Hasil referendum Brexit yang memutuskan Britania Raya keluar dari Uni Eropa, sepertinya juga akan berdampak pada Kejuaraan Dunia Formula 1. Kini, para tim F1 yang bermarkas di Inggris dan jumlahnya justru mayoritas, bakal ramai-ramai mencari markas baru keluar dari sana.

Ya, hasil referendum Brexit dan keputusan Britania Raya keluar dari Uni Eropa, ternyata juga akan memberi efek domino ke dunia motorsport. Surat kabar ternama di Madrid, AS, melaporkan bahwa kini tim-tim F1 yang bermarkas di Inggris, sedang mempertimbangkan untuk memindahkan markas mereka.

Mercedes, Renault dan Red Bull, jadi tiga tim pertama yang diklaim telah mempertimbangkan untuk memindahkan markas mereka keluar Inggris. Akan tetapi, memang tidak mudah begitu saja memindahkan sejumlah fasilitas pabrik begitu saja dalam satu langkah.

Diperkirakan setidaknya butuh dua tahun masa transisi bagi tim-tim F1 yang ingin berpindah markas keluar Inggris. Dan Mercedes kini disebut sudah mempersiapkan tim yang benar-benar ber-DNA 100 persen Jerman.

Karena saat ini markas tim F1 Mercedes AMG Petronas masih berada di Brackley, Inggris. Sedang tempat produksi mesin mereka ditempatkan di Brixworth dan Northamptonshire. Dari isu yang beredar, nantinya mereka akan merelokasi markas tim F1 mereka di sekitaran Stuttgart, yang mana merupakan rumah dari Mercedes Benz.
Kasus serupa kemungkinan besar juga dilakukan oleh Renalut dan Red Bull Racing. Untuk tim asal Prancis (Renault F1), yang saat ini bermarkas di Enstone, Oxfordshire. Langkah alternatif untuk memindahkan markas tim F1 mereka ialah di Viry-Chatillon, dekat Paris.

Sedangkan Red Bull Racing yang sekarang bermarkas di Milton Keynes. Ditenggarai akan bergabung ke markas pabrikan tim F1 saudara mereka, Toro Rosso, di Faenza, Emilia-Romagna, Italia.

Berikut Markas Tim F1 Musim 2016

Tim F1*Asal*Markas saat ini

Mercedes*Jerman*Brackley (Britania Raya)
Ferrari*Italia*Maranello (Italia)
Red Bull Racing*Austria*Milton Keynes (Britania Raya)
Williams*Inggris*Grove (Britania Raya)
Force India*India*Silverstone (Britania Raya)
Toro Rosso*Italia*Faenza (Italia)
McLaren*Inggris*Woking (Britania Raya)
Haas*Amerika Serikat*Italia dan Banbury (Britani Raya)
Renault*Prancis*Enstone (Britania Raya)
Sauber*Swiss*Hinwil (Swiss)
Manor*Inggris*Banbury (Britania Raya)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4919 seconds (0.1#10.140)