Data dan Fakta Menarik Jelang GP Malaysia 2016

Kamis, 29 September 2016 - 03:00 WIB
Data dan Fakta Menarik Jelang GP Malaysia 2016
Data dan Fakta Menarik Jelang GP Malaysia 2016
A A A
SEPANG - Balapan ke-16 Formula 1 musim 2016 akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia, akhir pekan ini. Sejumlah catatan menarik menghiasi persiapan lomba jet darat tersebut.

Sirkuit Sepang diprediksi menjadi panggung rivalitas Nico Rosberg dan Lewis Hamilton yang musim ini bersaing ketat memenangkan kejuaraan. Rosberg bersemat predikat pemuncak klasemen, lebih diunggulkan menang pada lomba akhir pekan.

Tahun lalu, Rosberg dan Hamilton juga terlibat persaingan sengit. Keduanya bahkan sama-sama finis di podium, menemani kesuksesan Sebastian Vettel yang naik podium bersama Ferrari.

Itu merupakan kemenangan pertama Vettel bersama Ferrari di musim 2015. Setelah gagal mengukuhkan satu pun kemenangan pada musim 2014, Vettel sukses mempersembahkan raihan positif pertamanya untuk Ferrari pada GP Malaysia 2015.

Bertarung ketat dengan duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, Vettel sukses keluar sebagai pembalap tercepat pada GP Malaysia musim lalu. Dengan wajah bahagia, Vettel menyatakan bahwa dirinya telah memimpikan meraih kemenangan bersama Ferrari sejak masih kecil.

Sirkuit Sepang melakukan debutnya di kalender F1 pada 17 Oktober 1999
Pada dua tahun pertama dalam eksistensinya di kalender F1, GP Malaysia selalu menjadi penutup musim. Akan tetapi, pada tahun 2001 GP Malaysia dipindahkan ke bulan Maret dan sejak saat itu selalu berada di awal musim. Tahun ini, GP Malaysia kembali digelar pasca paruh musim.
Ferrari adalah konstruktor yang paling sukses di GP Malaysia dengan raihan tujuh kemenangan. Eddie Irvine membawa "Scuderia" meraih kemenangan pertama di Sepang, dan Michael Schumacher memenanginya pada tiga balapan berikutnya.
Alonso sudah memenangi GP Malaysia bersama tiga tim berbeda. Pebalap Spanyol ini menang bersama Renault pada 2005, McLaren pada 2007 dan Ferrari tahun 2012.
Musim 1999 mungkin merupakan salah satu tahun terburuk Schumacher. Pembalap asal Jerman itu terpaksa absen selama tujuh seri karena patah kaki.

(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9099 seconds (0.1#10.140)