Marquez Samai Rekor Legenda Honda

Senin, 17 Oktober 2016 - 14:50 WIB
Marquez Samai Rekor Legenda Honda
Marquez Samai Rekor Legenda Honda
A A A
MOTEGI - Marc Marquez sengaja membangun mentalitas baru ketika memulai musim keempat di kelas utama MotoGP bersama tim Repsol Honda. Hal ini dilakukan lantaran pembalap kelahiran Cervera, Spanyol itu ingin membayar kesalahan yang pernah dilakukan di musim lalu.

Masuk di musim keempatnya di kelas utama MotoGP, Marquez dan pembalap lainnya menghadapai situasi yang berbeda ketimbang tahun lalu. Mulai dari pengenalan perangkat elektronik, perubahan ban Bridgestone ke Michelin, sampai penggunaan sayap yang menempel pada bagian motor.

Meski ada banyak perubahan yang terjadi di musim ini tak lantas membuat nyali Marquez ciut. Itu terbukti ketika ia sukses merebut gelar juara ketiga di kelas utama MotoGP, setelah merebut kemenangan perdana di Grand Prix Jepang, Minggu (16/10) kemarin.

Prestasi Marquez belum berhenti disitu. The Baby Alien adalah salah satu pembalap yang belum kehilangan poin dari 15 balapan yang sudah dijalani musim ini. Lalu rekor baru apa saja yang dicetak oleh pemilik nomor 93?

Berikut fakta menarik tentang Marc Marquez seperti dikutip dari beberapa sumber:


1. Marquez adalah pembalap termuda yang memenangi tiga kelas utama di kejuaraan balap motor bergengsi pada usia 23 tahun dan 242 hari. Kemenangannya di depan pendukung Honda sudah cukup untuk mengalahkan rekor Mike Hailwood (24 tahun 108 hari) ketika ia memenangkan gelar 500cc berturut-nya yang ketiga pada tahun 1964.

2. Marquez adalah pembalap termuda (23 tahun dan 242 hari) sepanjang masa yang mampu memenangkan lima gelar di kejuaraan dunia balap motor. Dengan demikian, ia mengalahkan rekor Rossi (24 tahun 238 hari) pada 2003 atau saat The Doctor merebut gelar kelimanya.

3. Sejak bergabung dengan tim Repsol Honda pada 2013 lalu. Marquez telah menyumbangkan tiga trofi juara untuk tim Pabrikan Jepang sekaligus menyamai rekor Rossi sewaktu mantan kekasih Linda Morselli masih menjadi joki Honda (1 x500cc + 2 x MotoGP).

4. Berkat kemenangan Marquez di Jepang, maka secara total ia telah memenangkan setidaknya minimal lima kali podium per musim di tiga kelas berbeda (125cc, Moto2, dan MotoGP) sejak 2010 lalu. Capaian itu jauh sebelumnya pernah ditorehkan dua legenda balap motor. Adalah Giacomo Agostini dan Mike Hailwood.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5454 seconds (0.1#10.140)