Olympic

Terkait pemilihan ulang pilkada Sumsel, ISG tetap berjalan

Jum'at,  12 Juli 2013  −  07:58 WIB
Terkait pemilihan ulang pilkada Sumsel, ISG tetap berjalan
Alex Noerdin dan Roy Suryo

Sindonews.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, menegaskan pelaksanaan  Islamic Solidarity Games (ISG) 2013, di Palembang (Sumsel) akan tetap terlaksana sebagaimana yang sudah ditetapkan. Pasalnya, timbul kekhawatiran ISG kembali terancam gagal dihelat, menyusul Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2013-2018 harus diulang.

Dalam persidangan, MK menemukan gubernur incumbent Alex Noerdin telah menggunakan APBD sebesar Rp 17,5 miliar untuk memenangkan Pemilukada Sumsel Tahun 2013.

Selanjutnya, MK meminta KPU Sumsel untuk melakukan pemungutan suara ulang  paling lama 90 hari dari putusan. Hanya saja, Menpora Roy Suryo menuturkan kondisi ini tidak mengganggu pelaksanaan ISG. Apalagi, draft Keppres sudah diajukan ke Presiden RI Soesilo Bambang Yudyono.

"Insya Allah, karena sudah diputus level Menko & Draft Keppres sudah diajukan ke Presiden. Maka, ISG tetap dipastikan berlangsung di Sumsel, tidak masalah Pilkada ulang," jelas Roy via pesan singkat kepada wartawan, Kamis (11/6).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, ISG 2013 yang pertama akan dilangsungkan di Pekanbaru, Riau, tetapi gagal terlaksana karena beberapa alasan teknis dan non-teknis. Kemudian ada wacana dialihkan ke Jakarta, tetapi gagal terkendala masalah beberapa venue yang tidak memungkinkan. Akhirnya,  diputuskan akan dilaksanakan di Sumsel pada 22 September sampai 1 Oktober 2013.


(wbs)

views: 886x
shadow