Nishikori, Tumpuan 4 Miliar Orang

Senin, 03 November 2014 - 12:40 WIB
Nishikori, Tumpuan 4 Miliar Orang
Nishikori, Tumpuan 4 Miliar Orang
A A A
PARIS - Kei Nishikori adalah bintang baru. Dia pahlawan Asia. Dan, Nishikori sekarang menjadi tumpuan sekitar 4 miliar orang lebih di benua Asia yang menginginkan kayuhan raketnya bisa mengguncang dunia.

Modal untuk itu sekarang sudah ada di depan mata Nishikori. Ia mengawalinya dengan tampil untuk kali pertama di gelaran grand slam, AS Terbuka. Ia menjadi orang Jepang dan Asia pertama yang tampil di partai puncak sebelum akhirnya dikalahkan Marin Cilic.

Tak heran raihan poinnya pun terus melonjak. Puncaknya, ia lolos ke Final ATP yang akan berlangsung di London mulai 9 November. Lagi-lagi ini adalah sejarah mengingat Nishikori sebagai petenis Asia pertama.

"Saya mungkin gugup pertama kali tampil, tapi saya mencoba bermain sebaik mungkin dan mencoba tidak memikirkan terlalu banyak hasil di London nanti," ucap Nishikori kepada reuters, Senin (3/11).

Capaian yang sekarang sudah diraihnya sudah membuatnya bangga. Banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan, terutama di AS Terbuka.

"Mengalahkan Novak (Djokovic) di AS Terbuka adalah pengalaman luar biasa dan memberikan saya kepercayaan diri. Jadi saya yakin punya kesempatan mengalahkan petenis top dunia. Jadi, kalau saya bisa bermain baik, saya mempunyai kesempatan memenangkan pertandingan," lanjutnya.

Lagi-lagi AS Terbuka menjadi pengalaman berharga dan akan terus diingat Nishikori. Ia mengaku kecewa membuang kesempatan usai kalah dari Cilic.

"Saya benar-benar kecewa karena tidak bermain tenis dengan baik di final. Sebab, sebelumnya saya sudah bermain baik dalam dua pekan dan tinggal sekali pertandingan lagi saya tidak mampu."

Untuk memenangkan grand slam memang bukan perkara gampang. "Memerlukan banyak yang harus dilakukan. Saya memerlukan banyak pengalaman, terutama mental saat memainkan tujuh atau lima set terbauj. Itu tidak mudah. Tubuh saya harus lebih kuat dan mencoba bermain dalam lima set dalam dua pekan."

Ia pun tidak berani menjanjikan tahun depan gelar grand slam bisa hadir di lemari koleksi trofinya. "Saya tidak berani mengatakannya tahun depan. Tapi saya hanya berharap bisa meraih partai final lagi dan beberapa tahun mendatang bisa memenangkannya."

Data Fakta Kei Nishikori
  • Petenis Asia pertama yang meraih Final ATP. Raihan ini diperolehnya setelah tampil di Madrid dan mencapai final.
  • Masuk ke peringkat 10 Besar dunia setelah meraih posisi kesembilan pada 12 Mei lalu. Ini merupakan peringkat pertama yang diraih petenis Asia setelah Paradorn Srichaphan dari Thailand.
  • Petenis Asia pertama yang tampil di final AS Terbuka 2014 sebelum dikalahkan Marin Cilic.
  • Meraih empat gelar turnamen ATP Tour musim ini.
  • Meraih peringkat tertinggi petenis Asia saat meraih posisi keenam pada Oktober lalu.
  • Mencatat rekor 9-5 melawan petenis 10 Besar dunua musim ini.
  • Mencatat kemenangan di ATP World Tour dalam 30 tahun terakhir dengan 52 kemenangan sepanjang 2014.
  • Menjadi petenis Asia pertama yang mencatat sejarah masuik dalam petenis 10 Besar dunia sejak 1973.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6460 seconds (0.1#10.140)