14 Atlet Banyuasin Perkuat Kontingen Sumsel

Selasa, 02 Desember 2014 - 06:02 WIB
14 Atlet Banyuasin Perkuat Kontingen Sumsel
14 Atlet Banyuasin Perkuat Kontingen Sumsel
A A A
PANGKALAN BALAI - Sebanyak 14 atlet muda berprestasi asal Kabupaten Banyuasin akan memperkuat kontingen Sumatera Selatan untuk berlaga pada Pekan Olahraga (PON) Remaja I yang digelar 9-16 Desember nanti di Surabaya, Jawa Timur.

Para atlet tersebut akan turun di lima cabang olahraga dari 18 cabor yang akan diikuti Sumsel seperti atletik, senam, loncat indah, pencak silat dan basket.

Ketua KONI Banyuasin, Hazairin Zapidi mengungkapkan, para atlet yang terpilih tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh masing-masing pengurus cabor di tingkat provinsi. Selain 14 orang atlet itu, ada empat pelatih dan dua official yang diberangkatkan untuk mendampingi.

"Kita menjadi daerah kedua terbanyak yang mengirimkan atletnya selain dari Palembang. Rencananya, para atlet ini akan berangkat dalam tiga gelombang pada 5, 6 dan 7 Desember nanti,"terangnya usai melakukan audiensi di ruang Sekda Banyuasin kemarin.

Untuk target sendiri, Hazairin mengungkapkan semua atlet yang diberangkatkan memiliki potensi mendapatkan medali. Tinggal lagi bagaimana mental bertanding mereka dalam menghadapi persaingan dengan atlet dari provinsi lainnya, terutama kontingen tuan rumah.

"Mudah-mudahan mereka tidak hanya ikut berpartisipasi tetapi juga berprestasi,"harapnya.

Sekda Kabupaten Banyuasin, Firmansyah menyatakan, pihaknya merasa bangga atas prestasi yang telah berhasil ditorehkan atlet dari Bumi Sedulang Setudung, sehingga terpilih menjadi wakil Sumsel diajang PON Remaja I.

"Saya berharap, melalui ajang ini kualitas atlet Banyuasin akan lebih meningkat, terutama karena mereka masih remaja dan merupakan putra putri asli daerah,"ungkapnya.

Apalagi lanjut dia, Pemkab Banyuasin telah mendorong kepada semua pengurus cabor agar lebih mengutamakan pembinaan atlet lokal secara berjenjang dan tidak lagi memperbolehkan adanya rekrutmen dari luar Banyuasin.

"Karena itulah, kita selalu mendukung atlet lokal untuk mengikuti berbagai kejuaraan tingkat nasional, agar mereka bisa terus menempa diri dan meningkatkan kualitasnya. Sehingga bisa mencetak atlet yang berprestasi tidak hanya di tingkat regional tapi juga internasional,"tuturnya.

Dia juga berpesan kepada para atlet, agar lebih giat berlatih dan tidak boleh cepat puas serta jangan hanya termotivasi dengan uang semata. Karena mulai tahun 2015 nanti, Pemkab Banyuasin akan memberikan beasiswa kepada atlet untuk melanjutkan sekolah, mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi sesuai prestasi yang diraih.

"Selamat bertanding, utamakan sportifitas. Lebih baik kalah dari pada curang, karena kekalahan merupakan kemenangan yang tertunda,"tutupnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4588 seconds (0.1#10.140)