Demi Olimpiade, PM Korsel Rela Potong Anggaran ke Luar Negeri

Jum'at, 19 Desember 2014 - 15:41 WIB
Demi Olimpiade, PM Korsel Rela Potong Anggaran ke Luar Negeri
Demi Olimpiade, PM Korsel Rela Potong Anggaran ke Luar Negeri
A A A
SEOUL - Pemerintah Korea Selatan sangat serius menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018, Pyeongchang. Bahkan Perdana Menter Korsel, Chung Hong Won rela memotong anggaran ke luar negeri untuk digunakan membangun stadion baru untuk acara pembukaan dan penutupan.

Bukan hanya membangun stadion baru, pemerintah Korsel juga merencanakan membangun jalan raya dan merenovasi jalan kereta sebagai sarana transportasi selama perhelatan.

Untuk membangun semua sarana dan prasarana ini seperti dilaporkan insidethegames, Jumat (19/12/2014), anggaran yang telah disetujui pemerintah sebesar USD 78 Juta atau setara dengan Rp 976 Miliar. Langkah yang dibuat pemerintah Korsel ini sebagai respon dari ketidakmampuan Pemerintah Provinsi Gangwon yang dijadikan salah satu arena pertandingan. Bahkan mereka sempat mengancam akan menarik diri dari tuan rumah jika tidak mendapatkan dukungan dana dari pemeringah Korsel.

Soal tingginya biaya sempat menyembulkan wacana untuk membagi Olipiade Musim Dingin 2018 ini ke Nagano, Jepang. Hal ini sangat terbuka mengingat Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah merombak aturan soal tuan rumah yang awalnya hanya di satu tempat menjadi dua lokasi berbeda seperti yang sudah dilakukan sepak bola saat menggelar Piala Dunia.

Ada ide lain dari sekitar 100 LSM di Negeri Ginseng agar Korsel sudi berdampingan dengan Korea Utara untuk menjadi tuan rumah. Setidaknya, jika tercapai, olah raga bisa menyatukan kembali harmonisasi kedua negeri berbeda paham politik tersebut.

Namun semua ide-ide itu ditolak Presiden Korsel, Park Geun Hye. "Sulit menerima proposal untuk berbagi sebagai tuan rumah, mengingat ketersediaan waktu serta perkembangan pembangunan venue yang sedang berlangsung," ucapnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4523 seconds (0.1#10.140)