Perluasan Terminal Bandara Husein Dikebut

Sabtu, 20 Desember 2014 - 21:47 WIB
Perluasan Terminal Bandara Husein Dikebut
Perluasan Terminal Bandara Husein Dikebut
A A A
BANDUNG - Pembangunan perluasan terminal Bandara Husein Sastranegara Bandung dipastikan akan rampung pada 2015 mendatang.

Hal itu sebagai upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat, agar pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 terutama dalam bidang transportasi dapat berjalan lancar dan nyaman.

Pasalnya, bukan tidak mungkin para kontingen PON XIX/2016 akan menggunakan jalur udara dan mendarat di Bandara Husein Sastranegara Bandung untuk mempercepat perjalanannya.

Dengan begitu, diharapkan pembangunan perluasan terminal itu dapat segera rampung sebelum pelaksanaan PON XIX/2016 mendatang.

"Kapasitas Bandara Husein bertambah pada 2015 dengan perluasan terminal penumpang dan jelang PON XIX/2016 Bandara itu kian representatif," ujar Kepala Dinas Perhubungan Jabar Deddy Taufik, kemarin.

Pembangunan perluasan terminal di Bandara itu kata dia, nantinya akan menjadi penjemputan para kontingen PON XIX/2016 dari seluruh penjuru tanah air.

Artinya, lanjut dia, sangat memungkinan Bandara Husein akan menambah jumlah penerbangan ke sejumlah kota lainnya di wilayah Barat maupun Timur.

"Bandara Husein akan menjadi salah satu etalase bagi Jabar pada PON XIX/2016 mendatang. Karena pada PON sebelumnya juga, setiap tuan rumah PON selalu melakukan upacara penjemputan di bandara kebanggaanya sendiri," katanya.

Lebih jauh Deddy mengatakan, kapasitas terminal penumpang di Bandara Husein saat ini hanya 750 ribu per tahun, namun pada kenyataannya saat ini digunakan untuk 3 juta penumpang. Sedangkan perluasan terminal yang dilakukan tahun ini dipastikan menambah kapasitas menjadi 4,5 juta penumpang.

"Jelas penambahan infrastruktur ini merangsang penerbangan untuk menambah rutenya ke sejumlah kota lainnya, dan setiap tahun pertumbuhan penumpang pesawat di Bandara Husein terus tumbuh," pungkasnya.(
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8080 seconds (0.1#10.140)