HT Harapkan Muaythai Indonesia Bisa Mendunia

Kamis, 04 Juni 2015 - 18:43 WIB
HT Harapkan Muaythai Indonesia Bisa Mendunia
HT Harapkan Muaythai Indonesia Bisa Mendunia
A A A
JAKARTA - Kejuaraan Muaythai III babak prakualifikasi eksebishi PON 2016 dan Liga Nasional Seri 2, Kamis (4/6/2015) resmi dibuka Ketua Dewan Pembina PB Muaythai Indonesia (PBMI), Hary Tanoesoedibjo. Acara tersebut juga disaksikan Ketua Umum Komite Olah raga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman dan perwakilan Kapolri.

Dalam sambutannya, Harry Tanoe berharap kejuaraan Muaythai tersebut bisa membangkitkan geliat olah raga di Indonesia. Pria yang juga menjabat CEO MNC Group berkomitmen mengembangkan dunia Muaythai Indonesia.

"Saya tadi sudah bisikkan kepada Ketua KONI agar (Muaythai) bisa ikut dalam PON 2016," kata HT saat membuka dengan tema : Ciptakan Atlet Nasional yang Berkualitas dan Profesional Manuju Tercapainya Prestasi Emas di Asian Games 2018 di Kemayoran, Jakarta.

Untuk membangkitkan geliat olah raga, khususnya muaythai Indonesia, HT menyimpulkan empat poin yang perlu diperhatikan. "Pertama, sering diadakan kompetisi (Muaythai), kalau bisa bukan hanya nasional tapi ditingkatkan jadi internasional, bukan hanya resmi tapi juga bisa persahabatan. Supaya para atletnya terbiasa," katanya.

Poin kedua, lanjut HT, muaythai harus punya pelatih yang memiliki kualifikasi. "Saya lihat kita telah mengarah kesitu," katanya.

HT juga menekankan pentingnya peran media untuk mendongkrak popularitas olah raga itu sendiri di tengah masyarakat. "Saya sudah berkomitmen membantu muaythai termasuk mengekspos kegiatan itu sendiri. Supaya ada ketertarikan. Belakangan eksposur media terhadap olah raga mulai berkurang sehingga perlahan-lahan cabor semakin tidak terdengar," katanya saat menjabarkan poin ketiga.

Poin pamungkas, HT berharap muaythai Indonesia juga bisa menjelma sebagai industri dengan harapan mampu memutar roda cabor itu sendiri. "Bagaimana muaytai bisa menjadi industri. Saya perhatikan, cabor yang menjadi industri dengan sendirinya berkembang," tutup HT.

Dalam acara tersebut, HT membuka kejuaraan secara simbolik dengan memukul gong. Ritual tersebut juga disaksikan Tono Suratman sebagai simbol dimulainya kejuaraan muaythai yang memperebutkan Piala Kasad III tahun 2015.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8371 seconds (0.1#10.140)