Biodata Rodtang Jitmuangnon, Petarung Muay Thai Paling Ditakuti Asal Thailand Kini Memeluk Islam

Rabu, 24 Juli 2024 - 07:22 WIB
loading...
Biodata Rodtang Jitmuangnon,...
Juara Dunia Muay Thai ONE Championship, Rodtang Jitmuangnon (dok. ONE Championship)
A A A
Rodtang Jitmuangnon, dikenal sebagai "Manusia Besi," adalah salah satu petarung Muay Thai paling berbahaya dari Thailand. Petarung yang memiliki nama asli Tinnakorn Srisawat ini lahir di Pattalung, wilayah pinggiran Thailand yang didominasi oleh masyarakat biasa kini memeluk Islam.

Seperti kebanyakan orang Thailand, Rodtang lahir sebagai penganut Buddha. Namun, sebelum menikahi petarung Muay Thai muslim pada akhir Februari 2023, Rodtang memutuskan menjadi mualaf . Keputusan ini cukup menarik perhatian di Thailand, mengingat pada Januari lalu ia masih memeluk agama Buddha dan bahkan sempat mengunggah momen menjadi biksu. Setelah menjadi mualaf, Rodtang kerap menunjukkan kegiatan keagamaannya, seperti berpuasa, memberi santunan, dan sholat bersama keluarga.

Raih Popularitas Lewat Muay Thai

Sebelum dikenal sebagai salah satu petarung paling berbahaya di dunia, Rodtang terlebih dahulu meraih nama di skena lokal Muay Thai. Ia mulai menjajal Muay Thai sejak usia 8 tahun dan pindah ke Bangkok pada usia 14 tahun untuk bergabung dengan sasana Jitmuangnon. Kariernya mulai melejit setelah memenangkan Omnoi Stadium 130lb dan MAX Muay Thai 125lb.



Rodtang kemudian menapaki karier internasional dengan melawan kickboxer Jepang, Tenshin Nasukawa, di Tokyo. Sejak itu, ia mendapat perhatian dunia. Rodtang telah lima kali mempertahankan sabuknya dan akan menghadapi pertarungan keenam pada November mendatang melawan Jacob Smith. Smith, yang telah membuktikan diri sebagai penantang ketiga teratas di divisi Muay Thai, akan mendapat kesempatan kedua untuk mengalahkan Rodtang di hadapan publik Amerika yang fanatik dengan olahraga tarung.

Biodata Rodtang Jitmuangnon

Kelahiran: Pa Phayom, Thailand, 23 Juli 1997
Postur: 1.68 m/61Kg
Martial art: Muay Thai
Divisi: Flyweight (135 lbs) (ONE); Featherweight; Super featherweight
Total Duel: 325
Menang: 272
Kalah: 43
Imbang: 10
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)