HOT NEWS: Bartomeu Mundur dari Presiden Barcelona

Rabu, 10 Juni 2015 - 04:13 WIB
HOT NEWS: Bartomeu Mundur...
HOT NEWS: Bartomeu Mundur dari Presiden Barcelona
A A A
BARCELONA - Josep Maria Bartomeu resmi mengundurkan diri sebagai Presiden Barcelona sesaat setelah Luis Enrique menandatangani perpanjangan kontrak baru hingga 30 Juni 2017 mendatang. Dalam konferensi pers, Bartomeu berkata keputusan ini mungkin terkesan mendadak. Namun itu dilakukan agar proses pemilihan pimpinan baru segera dilakukan.

Menurut laporan sejumlah media, tidak hanya Bartomeu tapi juga sejumlah anggota dewan klub secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Ia pun menyerahkan seluruh fungsi klub kepada manajemen dan mereka juga yang akan memutuskan tanggal penetapan calon presiden. (Baca juga: Luis Enrique Bertahan di Barcelona hingga 2017)

Sebenarnya Bartomeu dipercaya untuk mengendalikan Barca hingga 2016 mendatang. Tetapi ia memutuskan untuk segera menggelar pemilu guna menghadapi kritik yang terus menyeret namanya. (Baca juga: PSSI Siapkan Bonus

Pria berusia 52 tahun telah berada di posisi kepala sejak menggantikan posisi Sandro Rosell, yang mengundurkan diri pada Januari 2014 lalu lantaran kontroversi irregulaties keuangan yang berkaitan dengan kesepakatan yang membawa Neymar ke Barcelona. Tak jauh berbeda dengan pendahulunya, Bartomeu sendiri telah didakwa menyusul laporan penipuan pajak sehubungan dengan transfer yang sama.

Yang lebih parah lagi. Selama kepemimpinannya Bartomeu tidak mendapatkan dukungan dari anggota klub menyusul serangkaian skandal. Masalah Neymar terakhir muncul pada Maret lalu di mana Pengadilan Spanyol menuduh klub dan manajemen menyembunyikan biaya transfer sejak didatangkan dari Santos pada 2013 lalu.

"Saya hadir di sini (konferensi pers) untuk menyatakan keputusan pengunduran diri saya untuk memungkinkan pemilihan baru berlangsung. Anggota harus memilih calon yang mereka inginkan untuk klub selama enam tahun ke depan," tegas Bartomeu seperti dilansir Reuters, Rabu (10/6/2015).

Barcelona terguncang isu hebat pada awal tahun. Ini bermula dari ketegangan antara Luis Enrique dan pemain bintangnya, Lionel Messi. Tapi ketegangan tampaknya telah menghilang setelah Barcelona meraih treble winners (Liga Spanyol, Copa Del Rey, dan Liga Champions) dan kesepakatan pelatih untuk memperpanjang kontraknya satu tahun sampai Juni 2017.

Joan Laporta dilaporkan bakal maju sebagai calon pengganti Bartemeu. Mantan presiden Barcelona telah mengisyaratkan selama berbulan-bulan bahwa ia tertarik dalam memimpin klub Catalan untuk kedua kalinya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9933 seconds (0.1#10.140)