Pidato Terakhir Bartomeu Bersama Barcelona

Rabu, 10 Juni 2015 - 05:16 WIB
Pidato Terakhir Bartomeu Bersama Barcelona
Pidato Terakhir Bartomeu Bersama Barcelona
A A A
BARCELONA - Josep Maria Bartomeu memberikan pidato terakhirnya di depan awak media setelah pria berusia 52 tahun tersebut mengambil keputusan untuk meninggalkan jabatannya sebagai Presiden Barcelona. Dalam sambutan terakhirnya ia berterima kasih atas kerja keras tim serta staf pelatih selama ini, sehingga mampu memberikan treble winners di musim ini.

Bartomeu menambahkan trofi juara Liga Spanyol dan Copa Del Rey seperti melambangkan persatuan Barca dan para fans. Peristiwa ini sudah tentu bakal diingat selama bertahun-tahun, terutama mahkota juara Liga Champions kelima.

Tapi di sisi lain, kepercayaan semua orang terhadap Bartomeu seakan luntur seiring permasalahan yang kerap muncul untuk melengserkan pria yang gemar mengenakan kacamata tersebut. Salah satu yang paling hangat di telinga pecinta sepak bola dunia adalah laporan penipuan pajak sehubungan dengan transfer Neymar sejak didatangkan ke Camp Nou dari Santos pada 2013 lalu. (Baca juga: Bartomeu Mundur dari Presiden Barcelona)

Berikut adalah pidato terakhir Bartomeu sebagai Presiden Barcelona seperti dikutip Football Espana, Rabu (10/6/2015).

"Trofi Liga Spanyol dan Copa Del Rey melambangkan persatuan Barca dan para fans. Saya berterima kasih kepada tim dan staf pelatih. Kami sudah melakukannya lagi dan kita meraih treble lagi. Kita kembali masuk sejarah melalui pintu depan, di mana legenda masuk. Ini akan menjadi peristiwa yang selalu diingat selama bertahun-tahun, terutama dengan gelar Liga Champions kelima yang akan tinggal selamanya di klub kami."

"Saya tahu menjabat sebagai presiden bukan sesuatu yang mudah. Saya mengabdikan diri tubuh dan jiwa ke klub. Kami melampaui harapan dari tahun sebelumnya, kemudian kami kembali menjadi klub yang memenangkan segalanya. Kami memiliki proyek yang menarik dan model keuangan yang berkelanjutan. Saya pikir Catalans memiliki hak untuk mengambil hati dan merasa bangga. Treble adalah kemenangan untuk semua orang."

"Kami berjuang melawan setiap penderitaan baik di dalam maupun di luar lapangan, seperti yang kita miliki dalam sejarah kita, dengan nilai-nilai yang membuat kita lebih dari sebuah klub. Barcelona sangat berpengalaman dalam beberapa bulan terakhir di mana saat itu situasi yang sangat sulit dan tidak adil. Hilangnya Tito Vilanova, legenda, dan serangan terhadap klub dari mereka yang ingin melemahkan kita. Saya mengatakan sanksi FIFA dan kasus Neymar akan berakhir."

"Pada tingkat kelembagaan kita telah memasukkan bendera Catalan di kemeja Barca dan kami telah mulai tindakan untuk memulihkan memori sejarah klub. Klub kami masih klub olahraga terbesar di dunia. Bagian telah memenangkan 51 piala. Ini adalah pertama kalinya kami telah memenangkan tiga Piala Eropa (sepak bola, bola tangan, roller hockey). Memang benar musim berakhir dengan tim B terdegradasi, tapi itu tidak harus memegang pemain kembali untuk tim pertama."

"Musim sudah sangat lama dan kompetitif. Pada musim panas, Andoni Zubizarreta dan timnya direnovasi skuat dan didukung Enrique. Tambahan baru telah beradaptasi dan berakhir diskusi tentang kiper dan bek tengah. Kami memiliki tim untuk jangka panjang. Ini adalah momen ajaib. Dengan Enrique dan Lionel Messi, kami telah menutup siklus menang dan membuka yang lain. Mereka telah melakukan itu tanpa ada yang memperhatikan. Mereka telah mengatasi tantangan mustahil.

"Ini gila tujuan skor Messi. Tidak ada yang tahu batasnya. Semua orang pasti iri dengan keberhasilan yang didapat Messi, Neymar dan Luis Suarez. Sebab mereka berhasil mencatatkan prestasi gemilang di musim ini."

"Ini juga merupakan hari istimewa bagi saya. Saya hadir di sini (konferensi pers) sekaligus untuk mengumumkan pengunduran diri saya sebagai presiden. Ini dilakukan guna pemilihan presiden baru bisa berjalan. Klub harus memilih calon yang tepat bagi klub. Saya akan mengawal proses pemilihan presiden karena kami telah melakukan dengan baik dan klub harus terus memimpin dunia sepakbola. Saya berharap kampanye ditandai dengan kesopanan.

"Saya ingin menyelesaikan dengan berterima kasih kepada dewan dan semua orang yang berpartisipasi dalam klub ini. Kami adalah tim terbaik di dunia, klub terbaik di dunia dan fans terbaik di dunia. Visca Barca dan Visca Catalonia."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5248 seconds (0.1#10.140)