10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak

Selasa, 16 Juni 2015 - 20:42 WIB
10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak
10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak
A A A
PARIS - Bursa transfer musim panas ini sepertinya akan berlangsung sengit mengingat banyak pemain sepak bola top Eropa yang memasuki 12 bulan terakhir di pengujung kontrak mereka. Jika pihak klub tidak bergerak cepat mengikat beberapa pemain ini, maka bukan tidak mungkin beberapa pemain top tersebut akan berstatus gratis musim depan. Tidak sedikit dari mereka adalah pemain kunci di masing-masing klub, tapi tidak menutup peluang bila beberapa di antara mereka akan memilih hengkang pada jendela transfer musim panas ini.

Beberapa klub papan atas Eropa diketahui tengah membangun kekuatan baru untuk bisa bersaing, baik di liga domestik maupun Eropa. Kondisi pemain yang belum menemui kejelasan di klub asalnya sepertinya akan jadi sasaran empuk klub-klub besar Eropa yang membutuhkan pemain anyar. Dari sekian banyak pemain top dunia yang tengah berada di ujung kontraknya, Sindonews coba merangkum jadi 10 pemain top dunia yang akan berstatus gratis tahun depan:

1. Zlatan Ibrahimovic

Pada urutan pertama pemain yang tengah berada di akhir masa bakti mereka adalan penyerang haus gol, Zlatan Ibrahimovic yang menjadi milik klub kaya asal Prancis, Paris Saint-German (PSG). Masa depan Ibra belakangan menjadi subyek spekulasi, lantaran kontraknya yang akan habis tahun depan. Kondisi ini membuat pemain asal Swedia itu kerap dikaitkan dengan beberapa klub besar Eropa seperti AC Milan. Meski begitu belum lama ini sang pemain menegaskan tidak akan kembali ke Italia, lantaran senang dengan karirnya bersama PSG.

"Saya masih pemain PSG karena memiliki sisa kontrak satu tahun. Semua spekulasi yang beredar hanya karena pemberitaan media, saya tidak pernah membahasnya. Kalian (media massa) sangat pintar untuk menciptakan rumor. Saya kini makin berumur dan telah menjadi seorang ayah. Saya melihat dengan cara berbeda dalam memilih klub. Meski begitu Anda tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi di masa depan. Tapi sekarang, saya bahagia di PSG. Kami memiliki musim yang hebat dan proyek tim masih terus berkembang," jelasnya.

10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak


Wajar saja bila Ibra enggan meninggalkan PSG, setelah menjalani musim spektakuler dengan meraih tiga gelar dalam satu musim. Paris Saint-Germain berhasil menutup musim kompetisi 2014-2015 dengan manis lewat tiga trofi yakni Coupe de France, Ligue 1 dan Coupe de la Ligue. Sementara itu rumor kepindahan Ibra sempat kembali mencuat ketika sang agen pemain mengatakan kliennya tidak akan menutup karirnya bersama klub kebanggaan kota Paris tersebut.

"Saya tidak tahu apakah Zlatan akan mengakhiri karirnya di PSG. Saya yakin ia bisa bermain hingga usia 42 atau 43, tapi saya ragu kalau ia akan tetap bermain di PSG hingga delapan tahun kedepan,'' ungkap Mino Railo.

2. David de Gea

Nama kedua yang tengah jadi komoditi panas bursa transfer adalah penjaga gawang Manchester United, David de Gea yang belakangan santer diberitakan bakal hijrah ke klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid. Penjaga gawang asal Spanyol itu tidak kunjung memberikan kepastian seputar masa depannya di Old Trafford, meski kontrak sang pemain tinggal tersisa satu tahun lagi. Penampilan De Gea musim ini memang gemilang dan menjadi pilar tak tergantikan dalam skuat besutan Louis van Gaal yang membawa United kembali ke Liga Champions musim depan.

10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak


Ketika De Gea masih bernegosiasi terkait kontrak baru bersama United, kubu Real Madrid coba menggoda penjaga gawang timnas Spanyol itu untuk mendarat di Santiago Bernabeu. Sosok De Gea dinilai sempurna untuk jadi pengganti Iker Casillas di Madrid yang performanya mulai tergerus usia. United sendiri sempat diberitakan siap melepas De Gea pada kisaran harga 25 juta pounds atau setara Rp 522 miliar. Guna menggantikan De Gea, Unites akan berusaha mendatangkan Petr Cech, Asmir Begovic atau Hugo Lloris. Namun dari tiga nama tersebut, hanya Begovic yang memiliki peluang besar untuk direkrut kubu Setan Merah. Sejauh ini masa depan De Gea masih abu-abu bersama United, kita lihat saja bagaimana kelanjutan spekulasi sang pemain pada musim panas ini.

3. Carlos Tevez

Penyerang Juventus, Carlos Tevez yang tampil impresif musim 2014-2015 bersama skuat berjuluk Si Nyonya Tua lewat persembahan dua gelar domestik yakni Liga Italia dan Coppa Italia masih belum memastikan terkait masa depannya, lantaran belum mendapatkan sodoran kontark baru. Tevez sendiri menjadi pemain kunci skuat besutan Max Allegri musim ini, meski gagal membawa timnya menyabet gelar Liga Champions ketika takluk dari Barcelona pada laga final di Berlin. Belakangan santar disebutkan bila Atletico Madrid ngebet mendatangkan pemain asal Argentina itu pada bursa transfer musim panas ini.

Bahkan bos Atletico, Diego Simeone tidak malu-malu untuk mengakui ketertarikannya kepada sang pemain. "Jujur, saya belum berbicara dengan Carlos (Tevez), tapi saya sudah menjalin komunikasi dengan agennya. Saya selalu senang bila dapat bekerja sama dengan pemain seperti Tevez. Dia mempunyai banyak hal baik yang dibutuhkan tim pada sebuah pertandingan, lebih dari dari jumlah gol yang sudah ia cetak musim ini. Ia akan jadi penguat dan pemain ideal untuk mempertahankan gaya khas sepak bola Atletico," ucap Simeone.

10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak


Sementara itu sebelumnya Tevez mengatakan hanya ingin menghabiskan kontrak bersama Juve dan tidak ada niat memperpanjang masa baktinya di Turin. Sedangkan jawara Liga Italia itu ingin menawarkan Tevez yang kontraknya habis hingga Juni 2016 dengan kesepakatan baru untuk bertahan di Turin hingga 2018."Saya sudah mengatakan ingin menuntaskan kontrak saya dan itulah ide saya. Saya tidak sedang berpikir untuk menandatangani perpanjangan kontrak, karena itu bukan apa yang saya rasakan saat ini," kata Tevez.

4. Bastian Schweinsteiger

Pemain lain yang masa depannya belum jelas bersama klubnya adalah gelandang asal Jerman, Bastian Schweinsteiger yang tidak kunjung meneken kontrak baru, meski masa baktinya akan berakhir tahun depan. Apalagi di tengah kisruh perpanjangan kontrak Schweinsteiger bersama Bayern Muenchen, klub raksasa asal Inggris, Manchester United coba mencari kesempatan dengan menyatakan minatnya dan mencoba bernegosiasi untuk merekrut pemain berusia 30 tahun itu. Schweinsteiger adalah merupakan pemain asli produk akademi Bayern yang dalam beberapa musim terakhir jadi penopang kesuksesan klub berjuluk The Bavarians tersebut.

10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak


Sejak naik ke tim utama pada 2002, Schweinsteiger telah bermain 341 kali dan mencetak 44 gol bagi FC Hollywood -julukan Bayern-. Namun demikian, kontrak pemain kelahiran Kolbermoor, Jerman ini akan berakhir pada 2016 sedangkan dirinya belum tertarik untuk membicarakan perpanjangan kontrak. Sementara bos Bayern, Josep Guardiola menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada sang pemain untuk menentukan masa depannya di klub wakil Bundesliga itu.

"Saya tidak bisa berbicara soal Schweinsteiger. Dia seorang pemain Bayern dan dia masih berada dalam kontrak. Dia legenda bagi klub ini, tetapi dia harus memutuskan. Bukan Pep atau Direktur Eksekutif, Karl-Heinz Rummenigge. Dia punya kontrak dan merupakan bagian rencana saya untuk musim depan," jelas Guardiola.

5. Robin van Persie

Satu lagi penggawa Manchester United yang berada di pengujung kontraknya yakni Robin van Persie yang diprediksi akan segera menuju pintu keluar Old Trafford -kandang United-. Kini dengan situasi kontrak Van Persie yang hanya menyisakan satu musim lagi bersama United, ditambah penampilan melempem sang pemain. Bukan tidak mungkin bos United, Louis van Gaal bakal mendepak penyerang asal Belanda itu pada bursa transfer musim panas nanti. Spekulasi yang beredar, jawara Italia, Juventus siap menampung pemain berjuluk RvP itu sebagai antisipasi bila Tevez meninggalkan Juventus Stadium.

Tampil memukau pada musim perdana setelah didaratkan United dari Arsenal dengan langsung mempersembahkan gelar Liga Inggris, penampilan RvP kemudian tidak setajam biasanya karena kerap terbelit masalah cedera. Catatan 10 gol dan dua assists jadi persembahan Van Persie dari 25 penampilan membela United musim lalu. Meski sukses membawa United kembali ke Liga Champions, tapi sepertinya publik Manchester tidak senang dengan kontribusi sang pemain. Buntutnya spekulasi kepergian Van Persie semakin mencuat jelang dibukanya bursa transfer musim panas pada awal bulan depan.

10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak


"Saya sering berkomunikasi dengan mantan rekan saya, Evra. Dia menceritakan kepada saya bagaimana Juventus berlatih, bagaimana mereka bekerja keras dan mengatur diri mereka untuk sukses. Mereka (Juve) punya semangat yang luar biasa. Sangat berbeda dari para pemain Inggris atau Belanda sebelum pertandingan. Mereka saling menyemangati satu sama lain. Evra telah menunjukan kepada saya banyak jalan untuk sukses," ucap Van Persie.

6. Ilkay Gundogan

Gelandang Borrusia Dortmund yang satu ini memang telah lama menjadi target buruan beberapa klub besar Eropa, namun Ilkay Gundogan sejauh ini masih setia bersama klub wakil Bundesliga, Jerman tersebut. Namun belakangan isu kepergian Gundogan semakin memanas jelang dibukanya bursa transfer awal bulan depan, lantaran sang pemain menolak sodoran kontrak baru dari Dortmund saat masa baktinya akan habis sampai tahun depan. Kemungkinan kepergian Ilkay Gundogan dari Borussia Dortmund akhir musim ini terbuka lebar usai klub mengumumkan sang gelandang menolak tawaran kontrak baru.

Masa kerja gelandang internasional Jerman berdarah Turki itu selesai pada musim panas tahun depan. Dortmund berharap dapat memagarinya lebih lama, tetapi keinginan itu ternyata tak bersambut. "Borussia Dortmund dan gelandang Ilkay Gundogan tak akan berkolaborasi lebih jauh dari 30 Juni 2016. Gundogan telah memutuskan untuk tidak memperbaharui kontraknya, yang valid sampai waktu tersebut dengan klub juara Jerman delapan kali," demikian pernyataan resmi Dortmund.

10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak


Meski masih berlaku setahun lagi, kemungkinan besar Dortmund lebih memilih menjualnya pada akhir musim ini daripada kehilangan servisnya secara cuma-cuma sebagai free agent. Belakangan Gundogan santer dikaitkan dengan Manchester United yang memang tengah memperkuat skuat mereka setelah memesan tiket ke Liga Champions musim depan. Gundogan diyakini akan jadi pemain yang tepat untuk mengisi lini tengah skuat besutan Louis van Gaal.

7. Theo Walcott

Teka teki masa depan Theo Walcott bersama Arsenal masih belum terjawab, saat kontrak penggawa timnas Inggris itu hanya menyisakan satu musim lagi. Melihat kontribusi sang pemain, The Gunners -julukan Arsenal- tentu akan berupaya sekuat tenaga mengamankan pemain kunci mereka sebelum bursa transfer musim panas dibuka awal bulan depan. Kabarnya kedua kubu sedang melakukan negosiasi sejauh ini, namun sepertinya pembahasan kontrak baru Walcott berjalan alot karena tidak kunjung menemui kata sepakat. Walcott yang musim kemarin kurang mendapatkan kesempatan bermain karena kerap dilanda cedera, sepertinya jadi keraguan tim untuk memperpanjang masa bakti sang pemain.

10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak


Walcott sendiri yang kabarnya menerima gaji sebesar 90.000 pounds per pekan, hanya dimainkan delapan kali di Liga Inggris. Masalah cedera membuat pemain yang dikenal punya kecepatan itu harus merelakan tempatnya di skuat utama digantikan oleh Danny Welbeck maupun Alex Oxlade-Chamberlain. Situasi ini membuat beberapa klub besar seperti Manchester City dan Liverpool, coba merayu Walcott hingga kabar mengenai barter antara sang pemain dengan Sterling pun sempat mencuat.

Walcott sendiri dikabarkan ingin jaminan akan dimainkan secara reguler sebelum memperpanjang kontraknya dengan Arsenal. Sejak bergabung dengan Southampton pada tahun 2006 silam, Walcott telah bermain hampir 300 kali untuk Arsenal dan mencetak 72 gol. Meski performa Walcott tidak bisa dibilang jelek, tapi apapun masih bisa terjadi dalam sepak bola. Kita tunggu saja apakah Walcott akan tetap mengenakan seragam kebesaran Arsenal atau harus berganti klub.

8. Wesley Sneijder

Berusia 30 tahun tidak lantas membuat gelandang Galatasaray, Wesley Sneijder tidak lagi menarik buat tim besar-besar Eropa untuk meminangnya. Sneijder yang berada di ujung kontrak bersama klub raksasa asal Turki itu, membuatnya dihubungkan dengan Manchester United dan jawara Italia, Juventus. Masalah penunggakan gaji yang sempat dialami Sneijder diyakini membuat pemain asal Belanda itu akan berada di bursa transfer musim panas ini untuk mencari pelabuhan baru. Sebelumnya santer disebutkan bila Galatasaray akan membuat kesepakatan dengan raksasa Liga Inggris senilai 15 juta poundsterling.

Meski Sneijder mengaku ingin memperpanjang kontraknya namun gaji tinggi yang harus dibayar Galatasaray, sepertinya terlalu berat untuk dilakukan klub asal Turki. "Saat ini saya sedang berlibur setelah memenangkan gelar ganda. Segera setelahnya akan kembali ke Istanbul dan ingin memperpanjang kontrakku. Saya dan keluarga telah senang berada di Istanbul dan merasa seperti bagian dari Galatasaray," ujar Sneijder.

10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak


Musim lalu Sneijder sukses membantu Galatasaray memenangkan kompetisi kedua mereka sejak kedatangannya dari Inter, dan saat ini dia telah menciptakan 10 gol serta menciptakan 58 peluang untuk rekan setimnya. Sementara itu kehadiran Louis van Gaal yang punya hubungan dekat dengan Sneijder, sepertinya akan digunakan United untuk mendaratkan sang pemain ke Old Trafford pada musim panas nanti.

9. Ezequiel Lavezzi

Nasib Ezequiel Lavezzi bersama Paris Saint Germain (PSG) memang tengah berada di ujung tanduk, setelah spekulasi keretakan hubungan sang pemain dengan pelatih Laurent Blanc mencuat dalam beberapa pekan terakhir. Liverpool menjadi klub terdepan yang paling serius mendaratkan penyerang asal Argentina itu. Keputusan Lavezzi menolak tawaran perpanjangan kontrak dari klub asal Paris itu seakan menjadi sinyal kepergiannya dari Parc des Princes. Liverpool tidak sendirian karena Manchester United, dan Inter Milan siap bersaing mengamankan jasa pemain yang akan masih terikat kontrak bersama PSG hingga musim panas tahun depan.

10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak


Sementara itu negosiasi transfer Lavezzi sejauh ini masih berjalan alot, saat tawaran United belum juga diterima PSG karena tidak terlalu besar. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa Liverpool dan Inter Milan adalah kandidat favorit peraih jasa Lavezzi. Guna mewujudkan hal itu, kedua klub harus bersaing dalam melayangkan tawaran kepada PSG. Kabarnya, pemain 29 tahun itu memiliki harga jual senilai 17 juta euro atau setara Rp246 miliar

10. Andrea Pirlo

Rumor kepergian Andrea Pirlo dari Turin semakin mencuat, setelah playmaker veteran asal Italia itu gagal mempersembahkan gelar treble winners kepada Si Nyonya Tua -julukan Juve-. Pirlo sendiri tetap tampil impresif bersama Juve sepanjang musim ini, meski di usia yang tidak lagi muda. Dua trofi telah disumbang pemain asal Italia itu kepada skuat besutan Max Allegri yakni Liga Italia dan Coppa Italia. Tapi sayang ambisi Pirlo mencetak sejarah bersama Juve untuk meraih treble harus kandas di tangan Barca.Masa depan Pirlo sebelumnya menjadi subyek spekulasi, karena pernyataan Direktur Juve, Giuseppe Marotta yang memberi sinyal nasib sang pemain belum jelas di Turin.

"Andrea Pirlo adalah ikon sepak bola dan juventus. Saya pikir air matanya dapat dimengerti karena hubungan kuat antara kami. Tidak mudah untuk menggantikan Pirlo. Kami mempunyai beberapa pemain seperti Claudio Marchisio, sementara (pelatih Massimiliano) Allegri masih dapat menemukan alternatif lain," jelas Marotta.

10 Pemain Top Dunia di Pengujung Kontrak


Belakangan Pirlo santer diberitakan akan melanjutkan karirnya di Amerika Serikat untuk membela salah satu klub asal Major League Soccer (MLS). Pirlo meninggalkan Milan setelah 10 tahun memperkuat Rossoneri dan bergabung dengan ‘Si Nyonya Tua’ dengan durasi kontrak tiga tahun pada tahun 2011 dan sejak saat itu ia menjadi sosok vital bagi Juventus siapapun pelatihnya. Isu kepergian Pirlo semakin mencuat ketika skuat Massimiliano Allegri itu sudah memperkuat lini tengah dengan mendatangkan mantan gelandang Real Madrid, Sami Khedira. Kita tunggu saja bagaimana nasib sang legenda bersama skuat Juventus di bursa transfer musim panas nanti.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6069 seconds (0.1#10.140)