Umuh Muchtar Helat Ngagogo Munggahan Ramadan

Rabu, 17 Juni 2015 - 15:42 WIB
Umuh Muchtar Helat Ngagogo Munggahan Ramadan
Umuh Muchtar Helat Ngagogo Munggahan Ramadan
A A A
Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar menghelat acara munggahan menyambut Ramadan. Acara munggahan yang dilakukan dengan cara menggelar 'ngagogo' alias menangkap ikan menggunakan tangan kosong ini melibatkan seluruh masyarakat yang berada di kawasan kediaman Umuh di Jalan Ciluluk, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.
β€Ž
Di kolam ikan yang ukurannya mencapai 2.500 meter persegi ini, pria yang akrab disapa Pak Haji ini menyediakan setidaknya tiga kuintal ikan. Tak ayal, ratusan warga yang terlibat acara ngagogo ini sangat berantusias. Dari mulai anak kecil hingga orang tua pun terlibat.

Selain menyediakan ikan secara gratis, Umuh pun memberikan bonus kepada warga yang berhasil mendapatkan ikan lebih dulu maupun ikan dengan ukuran paling besar.β€Ž Bukan hanya untuk warga, Umuh juga memberikan kesempatan kepada seluruh awak media dan para pemain Persib Bandung. Tentu saja, mereka sangat kesulitan untuk menangkapnya.

β€Ž"Ini sebetulnya kegiatan setiap tahun yang selalu diadakan saat munggahan dengan masyarakat di sini (Tanjungsari). Alhamdulillah mereka sangat berantusias. Kalau untuk pemain dan wartawan saya tambah satu kuintal,"ujar Umuh.

Bagi Umuh, acara ngagogo ini hanya sekadar hiburan saja. Salah satunya untuk membahagiakan masyarakat sekitar. β€ŽHal senada diungkapkan, pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman. Menurut Djanur acara ngagogo ini sudah jarang ditemui khususnya di zaman sekarang.

"Ini ide yang luar biasa. Ini cukup senang. Yang menariknya, kita tidak piawai menangkap ikan karena harus mencoba menangkap pakai tangan. Dan lumayan saya dapat banyak, lumayan buat oleh-oleh untuk sahur nanti," tandasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9253 seconds (0.1#10.140)