Giliran Firmino

Senin, 17 Agustus 2015 - 09:46 WIB
Giliran Firmino
Giliran Firmino
A A A
LIVERPOOL - Roberto Firmino bersiap menjalani “debut” Liga Primer yang sesungguhnya. Jika tidak ada halangan, pemain Brasil itu akan masuk starting line-up Liverpool menghadapi Bournemouth, dini hari nanti.

Firmino dibeli dari Hoffenheim pada 23 Juni setelah ditebus 29 juta pounds. Namun, sejak hijrah ke Merseyside, gelandang serang berusia 23 tahun itu belum sempat merumput karena masalah stamina. Dia mengalami kelelahan setelah membela Brasil di Copa America 2015. Sosok bernama lengkap Roberto Firmino Barbosa de Oliveira itu sering absen selama The Redsmenggelar pramusim.

Dia baru tampil saat Liverpool menggilas Swindon Town 2-1 pada partai uji coba awal bulan ini. Saat itu, dia turun menggantikan Ryan Kent pada menit ke-67. Untuk Liga Primer, aksi Firmino terjadi pada laga pembuka kala Liverpool menang 1-0 atas Stoke City, pekan lalu. Sayang, dia hanya mendapatkan kesempatan 12 menit di lapangan. Dia masuk pada menit ke-78 menggantikan Jordan Ibe.

Meski sebentar, kehadiran Firmino mengubah situasi di lapangan. Liverpool, yang kesulitan sejak kick-off, bisa menciptakan sejumlah kesempatan. Salah satunya berujung gol Philippe Coutinho, yang memanfaatkan assistJoseph Gomez. Itu berbuah pujian dari Brendan Rodgers. Rodgers semakin senang karena kebugaran Firmino membaik.

Stamina pemuda kelahiran Marcelo itu hampir pulih sepenuhnya. “Firmino terus berusaha memulihkan kondisi tubuhnya. Dia selalu berlatih maksimal setiap hari. Dia hampir sedikit lagi untuk memulai laga sejak awal,” ujar Rodgers, dilansir Daily Mail. Rodgers menegaskan akan terus memantau perkembangan Firmino.

Jika benar-benar bugar, Rodgers akan memberinya peran penting saat bentrok dengan Bournemouth. Dia bakal ditugaskan menopang Danny Ings untuk mengobrakabrik pertahanan tim tamu. Pada laga kandang dini hari nanti, Rodgers kemungkinan bakal menggunakan lagi skema 4-2-3-1.

Namun, posisi ujung tombak, yang sebelumnya diperankan Cristian Benteke, akan diserahkan kepada Ings. Bila jadi tampil, Firmino akan menusuk dari sisi kanan. “Firmino terus menyibukkan diri dengan sepak bola. Dia juga berusaha mempelajari bahasa Inggris dan terus bekerja keras saat berlatih. Dia punya kans besar turun sebagai starter (saat melawan Bournemouth),” sebut Rodgers.

Selain mengomentari Firmino, Rodgers juga membahas transfer windowmusim panas. Dia mengakui kemungkinan akan ada beberapa orang yang hengkang, di antaranya Fabio Borini, Mario Balotelli, dan Jose Enrique. Menurutnya, hal itu wajar karena di setiap pergantian musim pasti ada pemain yang datang dan pergi.

Rodgers juga berkilah keputusan melepas pemain tidak selalu karena turunnya kualitas, melainkan juga untuk memberi pemain itu jam terbang lebih banyak. “Mulai sekarang hingga akhir bulan ini, kami hanya punya satu laga setiap pekan. Jadi, akan sangat sulit bagi pemain untuk tampil reguler,” tandas Rodgers.

Mengenai partai kontra Bournemouth, tuan rumah cukup berpeluang meraih angka penuh. Di samping mendapat dukungan penuh fans, Liverpool juga selalu menang dari dua pertemuan dengan tim promosi tersebut, yaitu unggul 3-1 kala perempat final Piala Liga 2014/2015 dan 2-0 ketika putaran IV Piala FA 2013/2014.

M mirza
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0167 seconds (0.1#10.140)