Real Madrid Era Galacticos Berakhir Musim Ini

Jum'at, 21 Agustus 2015 - 06:44 WIB
Real Madrid Era Galacticos Berakhir Musim Ini
Real Madrid Era Galacticos Berakhir Musim Ini
A A A
MADRID - Era Galacticos atau tim bertabur bintang yang selama ini melekat pada Real Madrid sepertinya akan berakhir musim ini, ketika El Real tidak terlalu loyal melakukan belanja pemain di jendela transfer musim panas 2015-2016. Tidak ada nama-nama besar yang diboyong Los Blancos -julukan Madrid- seperti musim-musim sebelumnya. Kubu Ibukota Spanyol hanya menginvestasikan dana sebesar 82 juta euro atau setara dengan Rp1,3 Triliun untuk mendatangkan beberapa penggawa anyar.

Mayoritas dana yang dikeluarkan Madrid sejauh ini hanya untuk mendatangkan lima amunisi yang bukan tergolong pemain bintang, tidak termasuk Benitez. Madrid telah membayar 31 juta euro untuk merekrut Danilo, Kiko Casilla (6 juta euro), Lucas Vazquez senilai 1 juta euro serta Casemiro dihargai 8 juta. Belum lama ini El Real juga membayar 33 juta euro untuk mengamankan jasa gelandang asal Kroasia, Kovacic yang diboyong dari Inter Milan.

(Baca Juga: Rincian Transfer Big Four Liga Spanyol 2015-2016)

Daftar belanja Madrid kali ini lebih rendah dibandingkan era Florentino Perez sebelumnya. Perez diklaim telah melakukan bagiannya untuk memenuhi tuntutan Benitez dan memperkuat skuat utama Los Blancos jelang Liga Spanyol 2015-2016 yang akan bergulir akhir pekan, mendatang. Sebelumnya El Real sempat dikaitkan dengan penjaga gawang Manchester United, David de Gea. Tapi sayang usaha mereka untuk mendaratkan kiper masa depan timnas Spanyol itu gagal terwujud.

Real Madrid Era Galacticos Berakhir Musim Ini


Bila De Gea mendarat ke Santiago Bernabeu, maka ini akan jadi kali keempat Presiden Madrid, Perez menghabiskan banyak uang untuk mendatangkan pemain anyar selama 13 tahun menjabat. Perez sendiri pernah berkuasa dalam dua periode berbeda. Pertama pada 2000-2006 dan kedua pada 1 Juni 2009 hingga sekarang. Perez merupakan sosok penggagas Los Galacticos yang belakangan jadi julukan El Real.

(Baca Berita Seputar Real Madrid di Sini)

Periode 2000-2006 merupakan era Galacticos pertama di bawah bimbingan sarjana teknik sipil itu. Diantaranya Real mendatangkan Zinedine Zidane, David Beckham, dan Ronaldo Luís Nazário de Lima hinga bintang-bintang lain di masanya. Prestasinya lumayan, dengan puncaknya di Eropa memboyong trofi Liga Champions tahun 2002. Era kedua terjadi pada 2009, ketika itu Perez menggantikan Ramon Calderon.

Pada Galacticos era kedua ini mendarat pemain kelas dunia seperti Ricardo Kaka dari AC Milan, Cristiano Ronaldo dari Manchester United, Karim Benzema dari Olympique Lyonnais, dan Raul Albiol dari Valencia CF. Meski tidak terlalu jor-joran, setelahnya Madrid rutin mendatangkan pemain bintang. Sebut saja Gareth Bale yang diangkut dari Tottenham Hotspur untuk membuatnya jadi pemain termahal dunia hingga James Rodriguez yang memikat dunia lewat perannya di timnas Kolombia pada ajang Piala Dunia 2014. Tapi kini era Galacticos Madrid sepertinya akan berakhir, mengingat belanja pemain yang mereka lakukan sejauh ini terbilang minim di musim panas 2015-2016.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2970 seconds (0.1#10.140)