Hamilton Menang, Mercedes Diselidiki

Minggu, 06 September 2015 - 21:02 WIB
Hamilton Menang, Mercedes...
Hamilton Menang, Mercedes Diselidiki
A A A
MONZA - Lewis Hamilton belum bisa tenang seusai menang di Sirkuit Monza pada ajang Grand Prix Formula 1 Italia 2015, Minggu (6/9/2015). Susai lomba, kemenangan pembalap Mercedes itu langsung diselidiki terkait pelanggaran aturan tekanan ban.

Balapan di Monza langsung sengit sejak awal start. Beberapa pembalap seperti Romain Grosjean dan Pastor Maldonado langsung tumbang sejak awal akibat masalah pada mobilnya. Berbeda dengan pembalap lain, Hamilton yang menempati pole positions langsung melesat jadi pemimpin.

Di belakangnya menyusul pembalap Ferrari Sebastian Vettel serta duo Williams-Mercedes Felipe Massa dan Valtteri Bottas di posisi dua hingga tiga. Sedangkan Nico Rosberg yang sejak awal balapan mengaku bermasalah pada mesinnya, sedikit terganggu Kimi Raikkonen. Pembalap Ferrari itu mengalami masalah saat start sehingga membuat Rosberg terhalang. Kesialan pembalap Jerman itu berlangsung dramatis akibat ia gagal melanjutkan balapan di lap ke-51 dari 52 lap yang diperlombakan akibat mobilnya bermasalah.

Hamilton yang memimpin sejak awal akhirnya keluar jadi yang tercepat. Vettel menyusul dengan menempati posisi kedua dan tempat ketiga berhasil dikunci Bottas. Kemenangan tersebut jadi yang ketujuh bagi Hamilton musim ini dan jadi yang ketiga di Monza sepanjang kariernya. Hamilton pun makin nyaman di puncak klasemen pembalap dengan poin 252, unggul 53 poin dari Rosberg yang tertahan di posisi dua.

Namun tak berselang lama, beredar kabar kemenangan Mercedes langsung diselidiki. Daily Mail menulis, Hamilton dan Rosberg diduga melanggar aturan tekanan ban saat memulai balapan. Perwakilan Mercedes pun langsung dipanggil pengawas balapan.

"Mercedes berada dalam pengusutan terkait aturan tekanan ban. Nico Rosberg dan Lewis Hamilton menggunakan tekanan ban yang di bawah rata-rata saat memulai balapan," tulis media asal Inggris saat melaporkan langsung balapan.

Hasil Grand Prix Formula 1 Italia 2015

1 Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes 1 jam 18 menit 00.688 detik
2. Sebastian Vettel Ferrari-Ferrari +25.0s
3. Felipe Massa Williams-Mercedes +47.6s
4. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +47.9s
5. Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari +1m 08.8s
6. Sergio Perez Force India-Mercedes +1m 12.7s
7. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +1 lap
8. Daniel Ricciardo Red Bull-Renault +1 lap
9. Marcus Ericsson Sauber-Ferrari +1 lap
10. Daniil Kvyat Red Bull-Renault +1 lap
11. Carlos Sainz Jr Toro Rosso-Renault +1 lap
12. Max Verstappen Toro Rosso-Renault +1 lap
13. Felipe Nasr Sauber-Ferrari +1 lap
14. Jenson Button McLaren-Honda +1 lap
15. Will Stevens Manor-Ferrari +2 laps
16. Roberto Merhi Manor-Ferrari +2 laps

Gagal Nico Rosberg Mercedes-Mercedes 51 laps
Gagal Fernando Alonso McLaren-Honda 48 laps
Gagal Romain Grosjean Lotus-Mercedes 1 lap
Gagal Pastor Maldonado Lotus-Mercedes 1 lap
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)