10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016

Rabu, 09 September 2015 - 21:22 WIB
10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016
10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016
A A A
MANCHESTER - Jendela transfer musim panas 2015-2016 sudah ditutup kurang lebih selama satu pekan kemarin dan kini saatnya kompetisi Liga Inggris bergulir tanpa gangguan. Kesempatan klub-klub besar Inggris untuk tambal sulam skuat mereka sudah berakhir dan kini saatnya pertempuran yang sebenarnya. Sedikit bernostalgia kebelakang Sindonews coba merangkum 10 pemain paling mahal di Liga Inggris sepanjang bursa transfer musim panas kemarin.

(Baca Juga: Fantastis, Belanja Pemain Liga Inggris Pecahkan Rekor)

Klub-klub papan atas masih mendominasi aktivitas belanja pemain dimana Manchester City menjadi klub yang paling boros saat mendaratkan dua pemain muda, Kevin De Bruyne dan Raheem Sterling ke Etihad Stadium -kandang City-. Bahkan dua rekrutan anyar City tersebut mengamankan posisi satu dua sebagai transfer termahal dengan nilai 54,5 juta pounds dan 49 juta pounds untuk masing-masing pemain.

Urutan kedua ditempati Manchester United sebagai klub yang paling loyal saat memboyong Anthony Martial yang menempati pemain termahal keempat di musim panas dengan mahar mencapai 36 juta pounds. Dari sekian banyak pemain yang keluar masuk Liga Inggris, berikut daftar lengkapnya:

1. Kevin De Bruyne (Wolfsburg ke Manchester City, 54.5 juta pounds)

Meski masih belia, namun Manchester City harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mendatangkan gelandang berpaspor Belgia, Kevin De Bruyne pada musim panas lalu. Mahar sebesar 54.5 juta pounds alias Rp 1,17 triliun dibayarkan The Citizens -julukan City- untuk menebus sang pemain dari Wolfsburg. Ini juga jadi rekor pribadi buat tim yang dimiliki oleh pengusaha kaya asal Timur Tengah, Seikh Mansour tersebut.

10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016


Bayaran yang dikeluarkan City membuat De Bruyne menjadi transfer termahal dalam sejarah Liga Inggris. Gelandang asal Belgia yang sempat gagal bersama Chelsea itu diklaim sebagai pemain fenomenal oleh kompatriotnya, Vincent Kompany. Sang kapten City itu berharap dengan kehadiran De Bruyne dapat membawa City kembali merebut gelar juara Liga Inggris dan juga berjaya di Eropa.

2. Raheem Sterling (Liverpool ke Manchester City, 49 juta pounds)

Di urutan kedua masih dari rekrutan anyar City yakni winger timnas Inggris, Raheem Sterling yang dibeli dari Liverpool dengan nilai 49 juta pound atau setara dengan Rp 1,06 triliun. Sebelum gabung ke City, Sterling ssempat menolak meneken kontrak baru di Anfield dengan bayaran 100.000 pounds per pekannya. Dirinya juga enggan ikut tur pra musim Si Merah ke Asia dan Australia yang menuai banyak kecaman.

10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016


Hingga akhirnya skuat besutan Brendan Rodgers sepertinya lelah dengan ulah winger masa depan asal Inggris itu dan melepasnya ke rival, City. Banderol mahal yang harus dibayar mahal City langsung dibayar lunas Sterling dengan mencetak gol hanya dalam tempo 137 detik atau menit ke-3 saat bentrok dengan AS Roma dalam turnamen International Champions Cup 2015 di Melbourne Cricket Ground.

3. Angel Di Maria (Manchester United ke PSG, 44.3 juta pounds)

Winger asal Argentina, Angel Di Maria menjadi yang ketiga setelah dibeli tim raksasa Prancis, Paris Saint-German (PSG) dari Manchester United senilai 44.3 juta pound atau senilai dengan Rp958 miliar. Lagi-lagi ada sosok saudagar asal Qatar di balik kucuran dana PSG. Hadirnya Nasser Al-Khelaifi sebagai pemilik klub beberapa tahun lalu membuat klub Kota Paris itu tak sulit mendatangkan pemain bintang.

10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016


Di Maria sendiri sepertinya gemar memecahkan rekor seperti saat United merekrutnya dari Real Madrid dengan memecah rekor transfer di Inggris, yakni 59,7 juta pounds (sekitar Rp1,25 triliun) pada 26 Agustus 2014. Tapi, setelah awal yang mengesankan, penampilan Di Maria terus merosot. Di musim pertamanya bersama MU, dia melakoni 24 laga, dan delapan kali sebagai pengganti, dengan sumbangan empat gol- tiga kali di Liga Inggris dan satu di Piala FA.

4. Anthony Martial (AS Monaco ke Manchester United, 36 juta pounds)

Selanjutnya ada kubu Manchester United yang membuat kejutan pengamat Liga Inggris saat merogoh kocek hingga 36 juta pound atau setara dengan Rp 779 miliar untuk seorang remaja yang belum terlalu dikenal dari AS Monaco, Anthony Martial. Pembelian Martial ini dinilai sebagai pembelian panik United di penghujung penutupan transfer window kemarin. Tapi skuat besutan Louis van Gaal bersikeras Martial yang disebut-sebut mirip Thierry Henry itu layak dibeli dengan harga mahal.

10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016


5. Nicolas Otamendi (Valencia ke Manchester City, 33 juta pounds)

Nama Nicolas Otamendi juga menjadi lima besar transfer termahal Liga Inggris musim panas 2015-2016. Dibeli dari Valencia, City menggelontorkan dana sebesar 33 juta pound atau Rp 714 miliar. Mencetak enam gol dalam 35 penampillan bersama Valenci pada musim terakhirnya di Liga Spanyol, membuat pelatih City, Manuel Pellegrini mengklaimnya sebagai bek terbaik.

10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016


"Tak diragukan Otamendi merupakan bek terbaik di Liga Spanyol musim lalu. Saya senang bisa menambah pemain berkualitas. Sebagai pesepak bola, Otamendi memiliki semua syarat untuk menjadi pemain sukses di Liga Inggris. Dia tangguh, sangat baik dalam tekel, dan secara teknis sangat baik," ujar Pellegrini.

6. Christian Benteke (Aston Villa ke Liverpool, 32.5 juta pounds)

Tidak mau kalah dengan duo Manchester, kali ini giliran Liverpool yang mengeluarkan dana besar untuk mengamankan tanda tangan Christian Benteke dari Aston Villa lewat tebusan sebesar 32.5 juta pounds atau sekira Rp679 miliar. Benteke adalah pemain ketujuh yang diangkut The Reds -julukan Liverpool- setelah Danny Ings, James Milner, Joe Gomez, Adam Bogdan, Nathaniel Clyne, dan Roberto Firmino.

10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016


Pelatih Liverpool, Brendan Rodgers diklaim sudah lama kesengsem dengan Benteke mengingat rekor bagusnya selama tiga tahun merumput bersama Aston Villa. 42 gol dari 89 pertandingan Liga Inggris adalah catatan menarik yang dimiliki pemain berpaspor Belgia tersebut. Artinya, ia merupakan salah satu penyerang paling produktif di liga karena mampu mengekor keberhasilan Sergio Aguero, Robin van Persie, dan Wayne Rooney selama tiga tahun terakhir.

7. Roberto Firmino (Hoffenheim ke Liverpool, 29 juta pounds)

Selanjutnya kembali rekrutan anyar Liverpool masuk daftar transfer termahal musim ini, ketika Roberto Firmino direkrut dari Hoffenheim lewat mahar sebesar 29 juta pounds atau setara Rp607 miliar. Demi mendapatkan jasa sang pemain, Liverpool harus bersaing keras dengan Manchester United yang juga berminat kepada gelandang asal Brazil tersebut. Namun akhirnya skuat besutan Rodgers memenangkan perburuan dan Firmino akan berada di Anfield hingga empat setengah musim kedepan.

10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016


Bersama klub asal Jerman, Firmino telah berhasil mencetak 47 gol dari 151 pertandingan. Sedangkan dari sembilan penampilannya bersama Timnas Brasil, pemain kelahiran 2 Oktober 1991 ini telah berhasil mengemas empat buah gol. Kita tunggu apakah Firmino dengan label mahalnya dapat menaklukkan Liga Inggris.

8. Memphis Depay (PSV ke Manchester United, 27.9 juta pounds)

Ketertarikan Manchester United merekrut Depay tak lepas dari keinginan sang Pelatih Louis Van Gaal. Depay merupakan pemain orbitan Van Gaal di Piala Dunia 2014. Mantan pemain junior Sparta Rotterdam itu mencetak dua gol di penyisihan grup, saat menang atas Australia dan Cile. Kini Depay jadi pemain termahal kedelapan di Liga Inggris saat United merekrutnya dari PSV Eindhoven dengan nilai transfer sebesar 27.9 juta pounds atau setara Rp600 miliar.

10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016


Van Gaal cukup jeli melihat potensi Depay. Faktanya, pemain sayap kelahiran Moordrecht, Belanda, 13 Februari 1994 menjadi kunci sukses PSV Eindhoven menjuarai Eredivisi 2014/2015. Depay merupakan top skor Eredivisie musim lalu dengan 21 gol dari 28 laga, sebuah catatan impresif mengingat Depay bukan merupakan striker murni.

9. Morgan Schneiderlin (Southampton ke Manchester United, 25 juta pounds)

Morgan Schneiderlin resmi menjadi milik Manchester United setelah sang gelandang menandatangani kontrak empat tahun di Old Trafford -markas United-. Schneiderlin datang dari Southampton dengan tebusan sekitar 25 juta pounds atau sekira Rp 516 miliar, setelah sebelumnya menyelesaikan tes medis di Carrington. Ia menjadi pembelian keempat United setelah Memphis Depay, Bastian Schweinsteiger, dan Matteo Darmian.

10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016


10. Pedro Rodriguez (Barcelona ke Chelsea, 21.4 juta pounds)

Lewat drama yang cukup panjang, akhirnya Pedro Rodriguez memilih Chelsea sebagai pelabuhan barunya. Pedro resmi jadi penggawa The Blues -julukan Chelsea- dengan mahar 21,4 juta pounds atau sekitar Rp466 miliar. Akan tetapi, klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu tak mau mengungkapkan durasi kontrak pemain internasional Spanyol itu. Sebelumnya Pedro disebut hampir bergabung dengan Manchester United. Akan tetapi, dua hari terakhir Chelsea datang dengan tawaran yang lebih konkret. Hal itu yang membuat Pedro akhirnya memilih London.

10 Transfer Terpanas Liga Inggris di Musim Panas 2015/2016
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9674 seconds (0.1#10.140)
pixels