Preview Bilbao vs Barcelona: Konsistensi Blaugrana Dipertaruhkan

Rabu, 20 Januari 2016 - 06:39 WIB
Preview Bilbao vs Barcelona: Konsistensi Blaugrana Dipertaruhkan
Preview Bilbao vs Barcelona: Konsistensi Blaugrana Dipertaruhkan
A A A
BILBAO - Barcelona tampil dengan skuat berbeda kala bertandang ke markas Athletic Bilbao di Stadion San Mames, Kamis (21/1/2016) dini hari WIB. Maklum, Blaugrana tidak akan diperkuat bintang andalan mereka Lionel Messi di leg pertama perempat final Copa del Rey 2016, akibat menderita cedera.

Pihak klub belum mengumumkan seberapa parah dan berapa lama Messi akan absen terkait cedera yang dialaminya. Namun, demi pencegahan cedera yang lebih dalam, kapten tim akan absen pada leg pertama perempat final Copa Del Rey kontra Athletic Bilbao di San Mames.

Ketidakhadiran La Pulga - jukulan - Messi - bakal menjadi pukulan besar buat Barca. Pasalnya, Suarez akan menjalani hukuman dua laga. Dengan demikian, hanya Neymar yang siap di depan. Pelatih Luis Enrique kemungkinan menjadikan Arda Turan atau Aleix Vidal sebagai penyerang. (Baca juga: Terkapar Lagi, Messi Lewati Laga Copa del Rey di San Mames)

"Hasil tes medis Lionel Messi telah mengungkapkan bahwa pemain Argentina itu tidak mengalami cedera hamstring. Namun demikian, kami belum memastikan apakah dia akan diturunkan pada pertandingan melawan Bilbao atau tidak. Tapi yang penting, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," demikian pernyataan resmi klub seperti dikutip dari Ibtimes, Rabu (19/1/2016).

Krisis cedera yang dialami Barcelona, tidak membuat pikiran Enrique terganggu. Sebab Blaugrana membawa bekal kemenangan sewaktu berhadapan dengan Los Leones di La Liga Spanyol dimana Messi cs sukses merobek gawang lawannya tersebut dengan enam gol tanpa balas.

Apalagi Barcelona tercatat sebagai tim raksasa yang berhasik mencetak 12 gol selama tampil di Copa del Rey musim ini. Ditambah dengan rekor tak terkalahkan mereka dalam lima pertandingan terakhir. Artinya, kepercayaan diri para pemain tidak akan terganggu meskipun tanpa diperkuat Messi, Suarez, dan Jordi Alba di pertemuan keempat musim ini melawan Bilbao.

Secara head to head, Barcelona di atas kertas jauh lebih diunggulkan ketimbang Bilbao. Tercatat, dalam 55 pertandingan terakhir mereka 35 diantaranya berhasil dimenangkan pasukan Enrique. Namun demikian, pelatih Bilbao Ernesto Valverde tidak tinggal diam.

Valverde sudah menyiapkan amunisi untuk menjegal langkah Barcelona lolos ke babak berikutnya. Salah satu strategi yang disiapkan dengan memanfaatkan Aritz Aduriz yang baru saja menyelesaikan sanksi larangan bermain. Keberadaan pemain veteran itu bisa memberikan sedikit motivasi untuk pemain lain.

Pasalnya, Aduriz merupakan salah satu pemain yang berhasil mencetak hattrick sewaktu mengalahkan Barcelona di Piala Spanyol, awal musim ini. Valverde berharap bisa keluar dari tekanan pasca menelan kekalahan telak melawan Barca di akhir pekan ini.

"Kami harus bangkit. Kami biasanya tidak menderita kekalahan secara berturut-turut seperti ini. Kami akan memanfaatkan peluang kami dan rencana kami sekarang adalah membangun kepercayaan diri pemain serta menerapkannya di dalam lapangan pertandingan," sahut Valverde. (Baca juga: Drawing Perempat Final Copa del Rey)

Prediksi susunan pemain

Athletic Bilbao (4-5-1): Iraizoz; De Marcos, Gurpegi, Laporte, Balenziaga; Beñat, San José, Muniain, Susaeta, Williams; Aduriz

Barcelona (4-3-3): Ter Stegan; Vidal, Mascherano, Pique, Alba; Busquets, Rakitic, Iniesta; Turan, Neymar, Suarez
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5964 seconds (0.1#10.140)