Preview Barcelona vs Bilbao: Enrique Siapkan Pemain Pelapis

Rabu, 27 Januari 2016 - 07:14 WIB
Preview Barcelona vs Bilbao: Enrique Siapkan Pemain Pelapis
Preview Barcelona vs Bilbao: Enrique Siapkan Pemain Pelapis
A A A
BARCELONA - Padatnya jadwal pertandingan memaksa pelatih Barcelona Luis Enrique menurunkan pemain pelapis kedua kala menjamu Athletic Bilbao di leg kedua perempat final Copa del Rey di Camp Nou, Kamis (28/1/2016) dini hari WIB. Mungkin bagi sebagian kalangan ini sangat berisiko, namun juru taktik yang sudah menghadiahi lima gelar di musim lalu tidak punya pilihan.

Krisis kesehatan yang menghantui skuat Blaugrana merupakan salah satu pertimbangan Enrique menurunkan pemain pelapis. Menurutnya, kemenangan tipis 2-1 atas Bilbao di leg pertama perempat final sudah cukup mendongkrak mental pemain.

Ditambah dengan data bahwa Barcelona belum pernah kalah dalam lima pertandingan berturut-turut. Selain itu, salah satu alasan kunci adalah Lionel Messi dkk dkk akan kedatangan tamu istimewa di Camp Nou, akhir pekan ini, yakni Atletico Madrid.

"Satu-satunya kunci permainan untuk mencapai semifinal Copa del Rey bagiamana besok, siapa tahu apa yang akan terjadi dengan hasilnya. Sejauh ini saya merasa khawatir tentang fisik para pemain, apalagi mereka akan melawan Atletico di akhir pekan ini. Saya memastikan bahwa saat ini tim saya dalam keadaan yang baik, tetapi ini adalah kedua pertandingan yang sangat intens," beber Enrique, dalam konferensi pers jelang pertandingan seperti dikutip USA Today, Rabu (27/1/2016).

Neymar yang diisukan bakal hijrah dari Camp Nou sudah mulai berlatih pasca mengalami cedera otot. Tapi Enrique diragukan bakal menurunkan tiga jenderal lapangan tengah mereka, yakni Andres Iniesta, Sergio Busquets dan Arda Turan setelah mengalami demam selama pelatihan, Selasa (26/1/2016) kemarin waktu setempat.

"Sergio, Arda dan Andres mengalami flu. Kami akan membuat keputusan tentang mereka pada hari pertandingan."

Kendati ditinggal sejumlah pemain kunci, Enrique tak perlu khawatir. Sebab secara head to head, Barcelona di atas kertas jauh lebih diunggulkan ketimbang Bilbao. Tercatat, dalam 56 pertandingan terakhir mereka 36 diantaranya berhasil dimenangkan Barca.

Artinya, ini bukan pekerjaan yang sulit untuk mengusir lawannya dari perburuan gelar Copa del Rey musim ini. Apalagi dia diketahui tengah membidik rekor kemenangan Pep Guardiola dengan 28 tanpa kekalahan. Sebab Enrique sejauh ini telah mengumpulkan 24 kemenangan secara berturut-turut.

Di kubu lawan, Valverde bakal mengandalkan Aritz Aduriz setelah ia tampil apik sewaktu gebuk Eibar dengan skor 5-1. Namun demikian, pelatih Bilbao tidak hanya menaruh tekanan pada pemain bernomor punggung 20 tersebut. Sebab kualitas pemain yang dimiliki tak kalah dengan Barcelona.

"Aritz Aduriz mencetak dua gol dan Benat Etxebarria memberikan kontribusi yang bagus selama melawan Eibar. Mereka adalah dua permata, tapi bagi saya pemain lain yang kita miliki dalam skuad tidak kalah bagus dari mereka (Barcelona)," sahut Valverde.

Fakta menarik

- Bilbao mencatatkan rekor buruk kala bertandang ke markas Barcelona di Camp Nou. Menurut data, tim polesan Ernesto Valverde belum pernah menang sejak November 2001 lalu.

- Barcelona tercatat sebagai tim yang belum menelan kekalahan dalam 17 pertandingan di kandang. Terakhir, mereka mengalahkan Bilbao di kompetisi La Liga dengan skor 6-0 (dua pekan lalu).

- Pasukan Ernesto Valverde bisa membuat kejutan sama seperti mengamankan Piala Super Spanyol dengan mengalahkan juara Liga Champions musim lalu dengan skor 4-0 di San Mames.

Prakiraan susunan pemain


Barcelona: Ter Stegen; Vidal, Pique, Mathieu, Adriano; Rakitic, Roberto, Turan; Messi, Suarez, Munir

Athletic Bilbao: Herrerin; De Marcos, Etxeita, Laporte, Balenziaga; San Jose, Benat; Susaeta, Eraso, Muniain; Aduriz
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7288 seconds (0.1#10.140)