Posisi Finis Nico Rosberg di Silverstone Dianulir

Senin, 11 Juli 2016 - 03:31 WIB
Posisi Finis Nico Rosberg...
Posisi Finis Nico Rosberg di Silverstone Dianulir
A A A
SILVERSTONE - Otoritas balap Formula 1 (F1) memutuskan untuk menganulir posisi finis ke-2 yang direbut Nico Rosberg di GP Inggris 2016. Hal itu dikarenakan Rosberg melakukan pelanggaran aturan radio.

Akibatnya, Rosberg yang finis kedua tepat di belakang Lewis Hamilton harus menyerahkan posisi tersebut kepada Max Verstappen. Keputusan diambil oleh Asosiasi Balap Formula 1 (FIA).

"Nico Rosberg telah diturunkan ke posisi finis ketiga menyusul penyelidikan pelanggaran komunikasi radio tim Mercedes selama grand prix Inggris 2016," demikian pernyataan resmi FIA, dikutip formula1.com.

Saat balapan berlangsung, Rosberg menjelaskan tentang masalah gearbox mobilnya kepada kru di pitwall melalui komunikasi radio. Tim menginstruksikan Rosberg agar tidak menggunakan gigi ketujuh sehingga pembalap Jerman itu lompat ke gigi delapan.

Rosberg kemudian menyelesaikan lomba di Sirkuit Silverstone pada posisi kedua dengan gap 6 detik di belakang Hamilton, 2 detik di depan Verstappen. Menurut FIA, keputusan tersebut tidak fair.

"Instruksi tim kepada pembalap hanya diizinkan apabila mobil mengalami gagal mesin. Rosberg telah melanggar Pasal 27.1 yang menyebut bahwa pembalap harus mengendarai mobilnya sendirian, tanpa bantuan,"

Sekadar informasi, ini bukan merupakan kali pertama Rosberg mendapat hukuman FIA. Pada balapan di Austria, Rosberg diganjar hukuman penalti 10 detik karena manuver membahayakan ketika berduel dengan Hamilton.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)