Fakta Menarik Jelang GP Singapura 2016

Kamis, 15 September 2016 - 00:02 WIB
Fakta Menarik Jelang GP Singapura 2016
Fakta Menarik Jelang GP Singapura 2016
A A A
SINGAPURA - Grand prix Singapura 2016 akan berlangsung akhir pekan ini. Balapan tersebut diprediksi menjadi panggung rivalitas bagi dua pembalap Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton.

Pasca-kemenangan di race teranyar, Rosberg saat ini hanya terpaut dua angka di belakang Hamilton si pemuncak klasemen pembalap F1. Artinya, jika Rosberg bisa finis di depan Hamilton, besar kemungkinan Rosberg bergeser naik ke posisi puncak.

Balapan akan berlangsung di Sirkuit Marina Bay, Singapura, 16-18 September 2016 mendatang. Sirkuit tersebut dikuasai tim Red Bull dengan total sembilan podium yang tercatat sebagai jumlah terbanyak dibandingkan tim lain. (Baca juga: Rekam Jejak Rosberg di GP Singapura)

Catatan unik juga jatuh pada Rosberg, dimana pembalap asal Jerman itu tercatat sebagai driver yang gagal podium sejak 2008. Apakah Rosberg mampu memecah kebuntuan dengan finis 3 besar di Singapura?

Berikut fakta menarik jelang GP Singapura 2016
Jumlah tikungan di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay ada 23 tikungan, jumlah tersebut lebih banyak daripada sirkuit lain yang ada kalender F1 saat ini.
Tak ada pembalap Mercedes yang mencapai podium GP Singapura 2015 lalu. Rosberg finis di posisi keempat, sementara Hamilton gagal menyelesaikan balapan setelah mobilnya gagal mesin.
Empat dari lima tahun terakhir, pembalap yang memenangkan GP Singapura berhasil menyelesaikan musim sebagai juara.
Saat ini Red Bull tercatat sebagai pembalap dengan jumlah podium terbanyak; sembilan podium. Diikuti Ferrari (lima) dan McLaren (empat). Kendatipun sudah dominan belakangan ini, Mercedes baru sekali naik podium di Singapura.
Hanya tiga pembalap yang sudah merasakan gelar seri di Singapura. Mereka adalah
Dari tiga pebalap yang sudah pernah meraih kemenanangan di Singapura, kesemuanya telah Fernando Alonso (dua kali menang), Sebastian Vettel (empat kali), dan Lewis Hamilton (dua kali).
Sembilan pembalap berbeda telah merasakan podium GP Singapura, dua diantara mereka sudah pensiun; Mark Webber (ketiga untuk Red Bull pada 2010 dan 2011) dan Timo Glock (kedua untuk Toyota pada 2009).
(Sumber: Formula 1)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2261 seconds (0.1#10.140)
pixels