Mercedes Tetap Kuat Tanpa Rosberg, Vettel Ikrar Setia di Ferrari

Senin, 05 Desember 2016 - 22:00 WIB
Mercedes Tetap Kuat Tanpa Rosberg, Vettel Ikrar Setia di Ferrari
Mercedes Tetap Kuat Tanpa Rosberg, Vettel Ikrar Setia di Ferrari
A A A
DAYTONA - Walau tim Mercedes ditinggal oleh Nico Rosberg yang memutuskan pensiun. Mereka masih memiliki Lewis Hamilton dan tentunya pembalap pengganti, yang kemungkinan besar kualitasnya tak beda jauh dengan Nico. Hal itu membuat kepala eksekutif Ferrari Sergio Marchionne, tidak ingin meremehkan kekuatan tim Mercedes di kalender balap Formula 1 2017.

Ya, hal itu dikatakan oleh Sergio Marchionne, ketika berbicara pada event Ferrari World Finals di Daytona, Minggu (4/12/2016). Marchionne mengaku terkejut saat mendengar pengumuman Rosberg yang memutuskan untuk pensiun dari F1. Ketika ditanya oleh Motorsport.com terkait reaksinya saat mendengar berita Rosberg, Marchionne berkata: "Saya mengirim sebuah pesan singkat ke Toto Wolff (bos tim Mercedes F1). Saat berita itu keluar, saya masih terbang di dalam pesawat saya. Jadi bisa dikatakan, saya juga kaget.”

"Saya sebenarnya memuji Rosberg karena memiliki keberanian untuk mengambil keputusan seperti itu. Dia mengakhiri kariernya di F1 sebagai juara dunia. Tidak ada yang lebih bagus dari itu. Saya pikir, Nico telah mencapai usia di mana dia sudah menghabiskan banyak waktunya di dunia balap. Dan saat dia pensiun sebagai juara dunia, itu adalah hasil dari harapan dia sejak lama,” imbuh Marchionne.

Lantas apakah dengan pensiunnya Nico, bakal melemahkan kekuatan tim Mercedes di F1 musim 2017? "Tapi dari keputusan itu, saya jadi tidak bisa memperkirakan seberapa kuat Mercedes di 2017. Saya tidak berpikir mereka akan menjadi lemah. Jangan lupa, mereka masih memiliki Lewis Hamilton, dan saya yakin mereka akan memilih pembalap dengan kaliber yang sama seperti yang mereka pernah miliki sebelumnya,” kata Marchionne mewanti-wanti.

Sementara itu, Sebastian Vettel tetap menganggap Ferrari sebagai timnya untuk F1 2017, meski banyak spekulasi yang menghubungkan dirinya, dengan kursi lowong yang ditinggalkan Nico Rosberg. Berbicara di acara Ferrari World Finals di Daytona, Vettel berkata dirinya menghormati keputusan pensiun yang diambil oleh Rosberg saat masih menjadi juara bertahan.

Saat ditanya oleh Motorsport.com apakah dia bisa mengklarifikasi situasi kontraknya dengan Ferrari di 2017, Vettel menjawab: "Saya kira itu sudah bukan rahasia lagi. Saya dan Kimi (Raikkonen) masih memiliki kontrak untuk tahun depan (bersama Ferrari), jadi semuanya sudah jelas."

Vettel pun enggan berkomentar tentang kemungkinan dampak buruk dari keputusan Rosberg terhadap peluang Mercedes di musim 2017. "Saya tidak tahu apa rencana mereka, kami hanya ingin fokus mempersiapkan diri sendiri untuk tahun depan. Dengan banyaknya perubahan (regulasi dan peraturan), kami juga sibuk dengan urusan kami sendiri. Kami ingin memastikan dapat memulai musim dengan paket yang lebih bagus."

Vettel kemudian mendoakan Rosberg agar dapat menikmati masa pensiunnya, selain dia juga menghormati keputusan kompatriotnya itu, yang mengakhiri kariernya saat masih berada di puncak performa.

"Saya pikir semua orang bebas melakukan apa yang mereka ingin lakukan. Saya menghormati keputusannya. Saya yakin dia akan mengambil masa cuti ini sebelum melakukan pekerjaan yang lain, jadi, selamat berlibur!" tandasnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7248 seconds (0.1#10.140)