Berperilaku Buruk, Nastase Terancam Dicoret dari Laureus Academy

Rabu, 26 April 2017 - 12:17 WIB
Berperilaku Buruk, Nastase...
Berperilaku Buruk, Nastase Terancam Dicoret dari Laureus Academy
A A A
LONDON - Komentar kontroversial Ilie Nastase terkait bayi yang dikandung petenis Serena Williams turut mendapat respons dari pihak Laureus Academy. Legenda tenis asal Rumania itu terancam dicoret dari keanggotaannya di Laureus Academy.

Nastase, yang pernah menjadi petenis nomor satu dunia pada eranya, merupakan salah satu anggota Laureus Academy sejak didirikan pada 2000. Laureus Academy sendiri merupakan sebuah akademi yang dikenal atas amal dan penghargaan olahraga tahunannya.

(Baca juga: Serena Tempuh Jalur Hukum Terkait Komentar Rasis Ilie Nastase )

Namun, dengan perilaku tidak terpujinya terhadap tim Piala Fed Inggris Raya saat berhadapan dengan tim yang dipimpinnya, Rumania, serta pernyataannya tentang calon anak Serena Williams, pria 70 tahun itu sekarang berhadapan dengan kemungkinan untuk dikeluarkan dari Laureus Academy.

"Laureus memisahkan diri sepenuhnya dengan komentar baru-baru ini yang dibuat oleh Ilie Nastase, yang tidak mewakili semangat dan etos dari apa yang kami perjuangkan. Laureus Academy akan membahas masalah ini. Lebih jauh secara internal," demikian bunyi pernyataan yang dilontarkan juru bicara Laureus Academy kepada Press Association Sport, yang dikutip Sporting Life.

Kapten tim Piala Fed Rumania, Nastase dikeluarkan dari laga Inggris Raya versus Rumania di Constanta menyusul ucapan tak pantasnya kepada kapten tim lawan, Anne Keothavong dan petenis nomor satu Inggris, Johanna Konta. Tak hanya itu, Nastase juga mempertanyakan warna kulit bayi yang dikandung Serena. "Mari kita lihat warna kulit bayi tersebut, apakah cokelat susu?" kata Nastase.

Sementara itu, anggota Laureus Academy dan mantan pesenam hebat, Nadia Comaneci, yang juga berasal dari Rumania, mengungkapkan bahwa komentar kompatriotnya itu sungguh buruk dan sangat menyinggung.

Kendati demikian, Nastase menolak jika dirinya disebut berkomentar rasis terhadap calon bayi Serena Williams hasil buah cintanya dengan pendiri situs kenamaan Reddit, Alexis Ohanian. "Saya tidak membuat pernyataan rasis," tegasnya kepada situs berita Rumania, News.ro, Selasa (25/4) waktu setempat.

(Baca juga: Nastase Tak Merasa Berkomentar Rasis terhadap Serena Williams )

"Jika saya mengatakan bahwa dia akan memiliki (bayi) jelek dan hitam? Itulah rasisme," sahut salah satu mantan petenis yang masuk dalam International Tennis Hall of Fame.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1075 seconds (0.1#10.140)