MotoGP Jerez 2017: Rossi Buka Rahasia Baru Honda dan Ban Michelin

Minggu, 07 Mei 2017 - 07:00 WIB
MotoGP Jerez 2017: Rossi Buka Rahasia Baru Honda dan Ban Michelin
MotoGP Jerez 2017: Rossi Buka Rahasia Baru Honda dan Ban Michelin
A A A
JEREZ - Kemenangan demi kemenangan yang sering diraih Yamaha di Sirkuit Jerez, seakan menegaskan tikungan sempit dan karakter berliku di sana dibuat buat motor YZR-M1. Namun kisah indah tersebut terancam rontok.

Indikasi awalnya adalah sapu bersih tiga pembalap Honda (Dani Pedrosa, Marc Marquez, Cal Crutchlow) yang merebut baris pertama grid start MotoGP Jerez 2017. Yamaha coba mendekat pada baris kedua lewat Maverick Vinales serta Johann Zarco. Tapi Valentino Rossi tercecer di baris ketiga.

“Secara keseluruhan jalannya sesi tidak berlangsung buruk bagi kami. Feeling di atas jok motor meningkat dan saya mampu mempertahankan kecepatan, meski tidak fantastis. Sayangnya pada kualifikasi, saya tidak mampu mencetak lap sempurna. Jadi merebut posisi start di lima besar tidak memungkinkan bagi saya,” beber Valentino Rossi seperti dilaporkan GPOne.
Valentino Rossi (kiri) bersama Uccio dan Silvano Galbusera di garasi tim Yamaha Factory Racing pada babak kualifikasi MotoGP Jerez 2017. (Foto-Yamaha)
Valentino Rossi (kiri) bersama Uccio dan Silvano Galbusera di garasi tim Yamaha Factory Racing pada babak kualifikasi MotoGP Jerez 2017. (Foto/Yamaha)

Apa kesimpulannya?
“Saya tidak senang dengan start dari baris ketiga, karena race bakal lebih rumit. Saat ini, ketika saya mencoba menggeber motor lebih cepat, saya tidak merasakan feeling yang oke. Saya masih memiliki masalah saat memasuki tikungan. Inilah pekerjaan penting yang mesti kami tuntaskan sebelum lomba, termasuk di sesi warm-up.”

Bagaimana dengan temperatur lintasan yang akan meningkat saat race?
“Di atas kertas, jika suhunya lebih panas dari sebelumnya, maka kondisi itu bakal lebih buruk buat kami. Apalagi sekarang kami lebih kesulitan ketimbang para pembalap Honda, kecepatan mereka lebih baik dan itu mengkhawatirkan saya. Jika Yamaha lebih cepat pada dua seri awal, kini situasinya berbalik.”

Menurut Anda apa yang terjadi?
“Dengan mesin baru (big bang) mereka, Honda telah meningkat pesat. Kondisinya kini sebanding dengan kami dan malah motornya lebih mudah untuk dikendarai. Mereka telah melakukan pekerjaan bagus.”

Mengapa bisa begitu dan ini terjadi di trek sulit macam Jerez?
“Terkadang kita melupakan sesuatu hal, tetapi di MotoGP, ban adalah rajanya.”

Apakah Anda menunjuk kepada permukaan ban lama (2016)?
“Permukaan ban akan sedikit berubah, kami baru akan menjajal itu lagi pada Senin dan itu merupakan tes penting. Apa yang membuat perbedaan besar adalah alokasi kompon ban yang dipilih di setiap seri. Pada dua seri awal (Qatar dan Argentina) mereka lebih baik buat kami dan sekarang mereka lebih baik untuk Honda. Akan ada pergantian terus-menerus yang membuat segalanya lebih menarik.”

Lantas apa yang sedang terjadi di Jerez?
“Secara teori, ban terbaik untuk balapan adalah hard, tetapi mereka tidak bekerja dengan bagus dengan motor kami. Kecepatan kami cukup konsisten dengan ban itu, namun kami tidak cukup cepat, sementara mereka amat bagus dan cocok bagi Honda. So, kami harus memanfaatkan sebaik mungkin dari ban medium.”

Target di race MotoGP Jerez 2017?
“Hanya untuk melakoni balapan yang bagus dan naik podium, jika saya mampu. Sebenarnya ada banyak pembalap dengan kecepatan yang sama, termasuk Lorenzo, Zarco dan Folger dengan yang biasa. Balapan ini akan menjadi pertarungan hebat.”
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5984 seconds (0.1#10.140)