Siapa Jatuh Duluan di Tikungan 11 dan Siapa Juara MotoGP Jerman 2017?

Minggu, 02 Juli 2017 - 17:44 WIB
Siapa Jatuh Duluan di...
Siapa Jatuh Duluan di Tikungan 11 dan Siapa Juara MotoGP Jerman 2017?
A A A
SACHSENRING - Selain memiliki layout berlawanan arah jarum jam, sirkuit Sachsenring adalah salah satu sirkuit paling unik di kalender MotoGP. Sirkuit ini juga hanya memiliki tiga tikungan ke kanan dari total 14 tikungan. Dengan demikian, supplier ban pun menyediakan kompon asimetris di mana bagian kiri ban dibuat lebih keras daripada bagian kanan.

Dari tiga tikungan ke kanan itu, tikungan 11 yang dijuluki 'waterfall' atau 'air terjun' karena menurun kencang ibarat roller coaster menjadi titik yang paling ikonik dari Sachsenring versi modern yang menjalani renovasi besar di tahun 2001.

Apex tikungan 11 dapat ditempuh pada kecepatan 210 km/jam. Laju motor pun semakin kencang saat melewati turunan hingga mengerem di lembah untuk tikungan 12 ke kiri dari 290 km/jam.

Pada tahun 2013, Motorsport.com pernah meminta pendapat Valentino Rossi mengenai tikungan tersebut.
"Bagi saya, tikungan itu (Tikungan 11) sangat berbahaya. Sangat kencang dan menurun, Anda sebelumnya datang dari tujuh atau delapan tikungan ke kiri, sehingga bagian kanan ban masih dingin," ungkap Rossi.

"Di tikungan tersebut, Anda harus datang dengan kecepatan yang tepat di setiap lap, latihan demi latihan - Anda tidak bisa tinggal datang (ke sana) dan kemudian terjatuh," imbuh The Doctor.

Memang, tidak sedikit pembalap yang pernah mengalami kecelakaan di tikungan 11. Sebelum lomba MotoGP Jerman 2017, tercatat beberapa joki kelas bergengsi mencium aspal di sana. Sebut saja Danilo Petrucci, Johann Zarco, Sam Lowes, Alvaro Bautista, Karel Abraham dll.

Nah, bukannya nyumpahin. Tapi, kira-kira kalau mau membuat prediksi. Siapa ya yang bakal terjatuh lebih dulu, alias jadi korban keangkeran tikungan 11 sirkuit Sachsenring pada lomba MotoGP Jerman 2017, Minggu (2/7) malam WIB?
Mampukah Marc Marquez meneruskan dominasinya sebagai raja Sachsenring di MotoGP Jerman 2017. (Foto-MotoGP)
Lantas siapa yang keluar sebagai pemenang lomba kelas utama MotoGP Jerman 2017? Apakah Marc Marquez yang tujuh tahun belakangan merebut pole dan juara di sana? Atau Valentino Rossi mengulang kejayaannya yang terakhir ia catat pada 2009 di atas Yamaha?

Apakah Ducati yang finis terdepan setelah Casey Stoner 2008 mengulang bersama Andrea Dovizioso atau Danilo Petrucci? Bisa saja kejutan terjadi dalam race MotoGP Jerman 2017 di sirkuit Sachsenring kali ini. Pasalnya, prediksi cuaca menyebut jika hujan bakal mengguyur lintasan.

Kalau itu terjadi, kemungkinan terjadinya flag to flag race amat besar seperti musim lalu. Berbagai prediksi bakal mentah jika hujan turun di Sachsenring. Benarkah begitu? Siapa jagoan Anda?
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)