Daftar Mantan Pemain Bintang yang Belum Punya Klub

Selasa, 29 Agustus 2017 - 14:25 WIB
Daftar Mantan Pemain Bintang yang Belum Punya Klub
Daftar Mantan Pemain Bintang yang Belum Punya Klub
A A A
JAKARTA - Bursa transfer musim panas mendekati akhir. Pada 31 Agustus 2017 tepat pukul 24.00 waktu Eropa, mayoritas tim yang ada di Benua Biru tak boleh lagi merekrut atau melepas pemainnya.

Memanfaatkan sisa waktu di bursa transfer, sejumlah tim terus membenahi skuatnya. Namun di kesempatan yang sempit ini tak hanya klub yang bekerja. Para agen pemain juga berupaya keras agar kliennya menemukan klub baru di musim 2017/2018.

Menurut data Transfermarkt, ada banyak pemain yang belum menemukan klub di musim panas tahun ini. Dari banyaknya nama, sekitar 12 pemain pernah menyandang status bintang atau setidaknya dikenal luas oleh pecinta sepak bola. Tapi sayang, hingga kini belum ada klub yang mau menampung mereka.

Berikut ke-12 pemain tersebut:

1. Paolo De Ceglie

Pemain yang sudah berusia 30 tahun ini sempat diprediksi bakal menjelma jadi bek kiri terbaik Timnas Italia. Pada masa mudanya, De Ceglie sudah dipercaya menghuni skuat utama Juventus dan dari itu ia diyakini bakal meraih kesuksesan besar.

Tapi De Ceglie pada akhirnya gagal merebut tempat di susunan starting XI. Apalagi setelah Juventus menguasai kompetisi Serie A dalam beberapa musim terakhir. Dirinya kalah saing dengan bek kiri sekelas Patrice Evra dan Alex Sandro. De Ceglie akhirnya dipinjamkan ke Genoa, Parma dan Marseille, sebelum akhirnya dilepas gratis pada tahun ini.

2. Giuseppe Rossi

Saat muda, Giuseppe Rossi pernah memperkuat Manchester United dan dirinya sempat digadang-gadangkan bakal jadi pemain besar. Tapi performa apiknya terhenti karena cedera. Alhasil Rossi terpuruk dan gagal meraih tempat di starting XI Manchester United.

Setelah itu pemain asal Italia tersebut sering gonta-ganti klub mulai dari Newcastle United, Parma, Villarreal, Fiorentina, Levante, dan Celta Vigo. Pada akhirnya Rossi kembali mengalami cedera parah dan Celta Vigo terpaksa memutus kontrak sang pemain.

3. Jan Kirchhoff

Bek kebangsaan Jerman ini sempat berjaya saat memperkuat Mainz 05 dari 2008-2013. Berkat penampilan gemilangnya, Jan Kirchhoff diangkut Bayern Muenchen dengan status bebas transfer.

Tapi sayang, sang pemain gagal meraih tempat di susunan starting XI. Kirchhoff akhirnya hijrah ke Sunderland, namun karena timnya terdegradasi ke divisi dua, ia memutuskan untuk menyelesaikan masa kerjanya dan kini menjadi pengangguran.

4. Mathieu Flamini

Status pemain tanpa klub juga disandang Mathieu Flamini. Mantan gelandang Arsenal dan AC Milan ini resmi menganggur usai didepak Crystal Palace per 1 Juli 2017.

Flamini sempat didekati klub-klub Amerika Serikat dan kawasan timur tengah. Tapi kenyataannya, ia belum terdaftar di klub manapun.

5. Marouane Chamakh

Striker asal Maroko ini namanya sempat melejit saat direkrut Arsenal musim panas 2010 lalu. Setelah tiga musim bertahan di kubu Meriam London, Chamakh akhirnya terdepak dan mendarat di West Ham United sebagai pemain pinjaman.

Namun performa Chamakh dianggap kurang memuaskan sehingga West Ham mengembalikannya ke Arsenal. Tapi kubu The Gunners sudah tidak membutuhkannya. Sang pemain akhirnya dijual ke Crystal Palace dengan harga 1,2 juta euro, lalu tiga tahun kemudian ia dibuang ke Cardiff dengan status bebas transfer. Kini Chamakh kembali menyandang status tersebut dan belum ada klub yang mau menampungnya.

6. Kolo Toure

Meski usianya sudah 36 tahun, Kolo Toure belum memutuskan pensiun dari profesinya. Mantan pemain Arsenal, Manchester City dan Liverpool ini masih menunggu klub yang mau mempekerjakannya di musim 2017/2018.

Sebelum berstatus pengangguran, Toure bermain di Celtic FC. Sepanjang musim 206/2017, ia hanya mencatatkan 17 penampilan tanpa pernah sekalipun mencetak gol.

7. Rickie Lambert

Pemain asal Inggris ini sempat berjaya saat memperkuat Southampton. Berkat ketajamannya di depan gawang lawan, Rickie Lambert akhirnya diboyong Liverpool pada musim panas 2014.

Tapi Liverpool langsung mendepaknya semusim kemudian sebab Lambert gagal memenuhi harapan manajemen klub. Ia akhirnya ditampung West Bromwich Albion, lalu melanjutkan karier ke Cardiff City dan akhirnya berstatus tanpa klub per 1 Juli 2017.

8. Reto Ziegler

Saat muda, pemain kebangsaan Swiss ini pernah memperkuat Tottenham Hotspur pada musim 2004/2005. Setelah itu Reto Ziegler dipinjamkan ke Hamburg SV, Wigan Athletic, Sampdoria dan akhirnya pindah ke Juventus dengan status permanen di musim panas 2011.

Tapi ia gagal merebut kepercayaan Antonio Conte yang kala itu masih menangani Juventus. Kontrak Ziegler akhirnya tidak diperpanjang dan ia pulang kampung untuk memperkuat FC Sion. Setelah dua musim, Ziegler dilepas dengan status bebas transfer.

9. Joleon Lescott

Bek kebangsaan Inggris ini pernah menjadi kekuatan utama Manchester City di lini pertahanan. Duetnya dengan Kolo Toure atau Vincent Kompany sempat menuai pujian apalagi saat The Citizens berhasil memenangkan Piala FA 2010/2011, Liga Primer Inggris 2011/2012 dan Piala Liga 2013/2014.

Tapi Joleon Lescott tak mau perpanjang kontrak di City karena kalah saing dengan pemain lain. Ia akhirnya melanjutkan karier ke West Brom, Aston Villa, AEK Athens dan Sunderland. Lescott pun kini berstatus bebas transfer karena kontraknya tidak diperpanjang lagi.

10. Anders Lindegaard

Penikmat Liga Primer Inggris khususnya suporter Manchester United pasti mengenal Anders Lindegaard. Dari 2011-2015, ia setia menjadi pelapis dari Edwin Van der Sar dan David De Gea.

Setelah MU, Lindegaard pindah memperkuat West Brom. Setelah kontraknya usai, ia diangkut Preston dan bertahan hingga 1 Juli 2017.

11. Jose Enrique
Mantan bek Liverpool ini dua kali menyandang status pemain tanpa klub. Pertama dialaminya musim panas 2016 lalu. Kala itu Liverpool tidak memperpanjang kontraknya sebab Jose Enrique sering bermasalah dengan cedera.

Karier pemain asal Spanyol ini sempat diselamatkan Real Zaragoza pada September 2016. Namun status yang dulu ia sandang kembali diterimanya. Per 1 Juli 2017, Zaragoza resmi mendepak sang pemain dengan status bebas transfer.

12. Jose Antonio Reyes

Beberapa tahun lalu, Jose Antonio Reyes sempat menjadi bintang pujaan suporter Arsenal. Bahkan berkat kegemilangannya dalam mengolah si kulit bundar, Reyes menjadi langganan di Tim Nasional Spanyol.

Namun di usia 33 tahun, Reyes justru kesulitan bersaing dengan pemain lain. Alhasil mantan pemain Real Madrid, Atletico Madrid dan Sevilla inmi didepak Espanyol per 1 Juli 2017.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8165 seconds (0.1#10.140)
pixels