Empat Kategori Pembelian Pemain di Bursa Transfer Musim Panas

Kamis, 31 Agustus 2017 - 15:37 WIB
Empat Kategori Pembelian Pemain di Bursa Transfer Musim Panas
Empat Kategori Pembelian Pemain di Bursa Transfer Musim Panas
A A A
LONDON - Bursa transfer musim panas 2017 untuk liga-liga di Eropa akan berakhir dalam hitungan jam nanti. Mendapatkan pemain di masa injuri merupakan sebuah tantangan dan mendebarkan. Apakah pemain baru tersebut akan memberikan hasil yang baik bagi tim, itu adalah persoalan lain.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah jika sebuah klub benar-benar menginginkan seorang pemain, mengapa tidak mendatanginya sejak awal? Jika dilakukan di akhir bursa transfer jelas hanya kepanikan yang terlihat meski terkadang tidak banyak diakui oleh klub atau pelatih.

Menurut ESPN ada empat kategori pembelian pemain dalam bursa transfer musim panas ini. Berikut penjelasannya:

1. Kelas Pertama

Mereka adalah pemain yang merupakan pilihan utama manajer atau klub untuk mengisi kekosongan tertentu. Klub biasanya melakukan tawaran sejak awal dengan tegas. Contohnya pemain Manchester City, Ederson dan Bernardo Silva atau rekrutan Liverpool, Mohamed Salah atau sebagian besar pemain Everton. Sebut saja Gylfi Sigurosson, Jordan Pickford, Michael Keane, Wayne Rooney, dan Sandro Ramirez, semuanya dipilih Ronald Koeman untuk menempati slot masing-masing di skuat.

Jose Mourinho adalah salah satu spesialis dalam memburu target utamanya. Romelu Lukaku (musim panas ini) dan Zlatan Ibrahimovic (yang terakhir) bergabung dalam daftar pemain Manchester United. Juga Diego Costa dan Cesc Fabregas, di masa Mourinho memimpin Chelsea. Hasilnya bisa kemungkinan besar bisa diharapkan untuk mendapatkan piala yang menjadi target utama.

2. Terbaik Kedua


Ini adalah kategori pemain yang menjadi incaran tapi bukan prioritas. Masuk dalam kategori ini adalah Kyle Walker. Manchester City mempercepat penandatangan kontrak dengan Kyle Walker setelah tawaran mereka ditolak oleh Dani Alves.

Contoh lainnya adalah Alvaro Morata. Chelsea akhirnya memilih striker asal Spanyol itu setelah kalah dalam perburuan Romelu Lukaku. Chelsea berpengalaman mendapatkan pemain untuk meraih hasil sempurna. Mereka membeli N'Golo Kante pada musim panas lalu setelah Radja Nainggolan memilih tinggal di AS Roma. Setahun kemudian, gelandang asal Prancis tersebut mendapatkan penghargaan PFA Player dan FWA Footballer of the Year.

3. Rencana C, D atau E


Jenis transfer ini cenderung ditemukan pada bulan Agustus. Ketika rencana A dan B sudah tidak bisa dilakukan, manajer tim kemudian mencari-cari pemain di daftar berikutnya. Sudah jelas siapapun yang dipilih adalah hasil kompromos, dibeli karena yang lain terlalu mahal atau telah dibeli klub lain.

Hampir semua pemain yang didatangkan Newcastle United musim panas ini termasuk dalam kategori ini. Rafa Benitez jelas terlihat frustrasi karena terlalu lama berada di antara pilihan pemain yang tidak diinginkan maupun yang benar-benar diinginkan.

Klub-klub elit juga bisa mendapatkan masalah yang sama. Misalnya, jika Manchester City berhasil mendatangkan Jonny Evans, maka akan sulit bahwa dia adalah pilihan terbaik setelah Leonardo Bonucci memilih pindah ke AC Milan dan pemain Southampton, Virgil van Dijk belum memberikan keputusan.

Pembelian Antonio Rudiger oleh Chelsea adalah contoh lainnya. Agak sulit memahami keputusan Antonio Conte merekrut defender asal Jerman tersebut. Namun, sekali lagi, Chelsea memiliki pengalaman bahwa pemain yang dibeli dengan sedikit sentuhan dan perubahan taktik, bisa terbukti produktif. Kedatangan Pedro pada 2015 hanya bisa dibenarkan di musim keduanya di Stamford Bridge. Namun David Luiz dan Marcos Alonso adalah pemain yang dipilih di masa akhir bursa transfer dengan cerdas, dan sangat berpengaruh di tim.

4. Putus Asa

Kategori ini menjelaskan bahwa pembelian pemain dilakukan dalam situasi panik dan putus asa. Pemain yang dipilih rawan cedera dan tidak membawa kejutan apapun untuk tim. Pembelian mereka hanya menguntungkan agen.

Kesepakatan di batas akhir bursa transfer tahun lalu memberikan banyak contoh. Wilfried Bony ke Stoke City, Georges-Kevin Nkoudou ke Tottenham Hotspur, Dieumerci Mbokani ke Hull City, Alvaro Arbeloa ke West Ham United.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8090 seconds (0.1#10.140)